Log in

Abusyiek Didesak Tunjuk Plt Sekda Pidie

Drs Samsul Azhar saat mewakili Bupati Pidie Roni Ahmad menghadiri acara Wisuda Siswa  Harapan Bangsa milik Surya Paloh belum lama ini. andalas/dhian anna asmara Drs Samsul Azhar saat mewakili Bupati Pidie Roni Ahmad menghadiri acara Wisuda Siswa Harapan Bangsa milik Surya Paloh belum lama ini. andalas/dhian anna asmara

Sigli-andalas Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyiek) diminta segera menunjuk pelaksana tugas (Plt) untuk mengisi kekosongan kursi Sekretaris Daerah (Sekda) pasca-ditinggal mundur oleh Muliyadi Yakhob.

"Ini harus segera dilaksanakan Bupati Abusyiek, karena belakangan ini roda pemerintah di Pidie tidak berjalan lancar, bahkan Kantor Bupati, sepi seolah tidak berjalan," sebut Drs Lukman dan Ir H Saiful Bahri, pengamat pemerintahan di Pidie.

Menurut kedua pemerhati itu, belakangan ini siapa pun tahu bahwa pemerintahan di Pidie seperti dalam kondis sakit keras. Banyak pegawai malas masuk kantor lantaran pimpinan mereka juga jarang mengantor.

Sejumlah pejabat di kabupaten dan kecamatan yang diminta komentarnya secara terpisah juga mengakui kondisi pemerintahan sekarang ini tidak berjalan baik, terlebih sejak kekosongan kursi Sekda Pidie.

"Kami sebenarnya ingin berkomentar banyak, tapi selaku bawahan Bupati tidak etis mengkritik roda pemerintahan dua tahun ini, atau boleh dikatakan sangat memprihatinkan kondisinya," papar seorang camat kepada andalas, Rabu (15/5).

Senada sejumlah kepala dinas dan para kepala bagian di Sekretariat Setda Pidie juga menyebutkan, jika roda pemerintahan sekarang ini ibarat pepatah "kerakap di atas batu, hidup segan matipun tidak mau."

Kondisi ini, dibuktikan para kadis dan kabag tersebut dengan sepinya kantor bupati setiap hari dari aktivitas pegawai. "Banyak pegawai sehabis mengikuti apel pagi, lalu pulang ke rumah dengan berbagai alasan," papar seorang kabag.

Lemahnya roda pemerintahan di Pidie, menurut sejumlah mantan PNS Pemda Pidie, tidak terlepas dari pimpinan di atasnya, juga tidak terlepas sering dilakukannya mutasi tetapi salah dalam menempatkan pejabat.

Kondisi itu tidak terlepas dari akibat kosongnya kursi Sekda Pidie dan seringnya Bupati tidak masuk kantor. "Bupati juga enggan menempati pendopo atau lebih senang tinggal di kampung," ungkap sumber tersebut.

Bupati Didesak
Sejumlah pemerhati pemerintahan di Pidie, semisal Drs H Ridwan AW MSi, Ir Anas Abdullah, Amien Affan kepada andalas secara terpisah menyebutkan, hendaknya Bupati Abusyiek segera menunjuk Plt Sekda Pidie.

"Menurut hemat kami, Drs Samsul Azhar, sekarang Penasihat Bupati Abusyiek, adalah orang paling tepat ditunjuk jadi Plt Sekda Pidie, karena kemampuannya di atas Asisten III, Drs Mutiin serta pejabat lainnya," kata mereka berpendapat.

Samsul Azhar, sebut Ridwan AW, orang pandai, bijaksana, serta punya hubungan dengan sejumlah pejabat kementerian di Jakarta. "Dia orang disiplin, tegas dan gaul, karena pernah menjadi Danramil, tentu luas pandangannya," kata Ridwan.

Belakangan ini, lanjut Ridwan,  Samsul Azhar sering mewakili Bupati Pidie menghadiri undangan kegiatan pemerintahan, termasuk saat menyampaikan sambutan Bupati Pidie di acara wisuda siswa SMP dan SMA Harapan Bangsa milik Surya Paloh di Kecamatan Peukan Baro.

Pak Samsul Azhar orangnya tegas dan jujur, bersangkutan alumni STPDN Jatinangor Bandung Jawa Barat, Angkatan 1992. Ahli di bidang pemerintahan, politik, dan hukum," kata Anas Abdullah dan Amien Affan terpisah.

Dari berbagai sumber dihimpun andalas, Samsul Azhar disebut orang yang tahu persis apa yang dimaui Bupati Abusyiek untuk menjadikan Pidie maju dan berkembang ke depan. "Hendaknya Bupati Abusyiek tidak salah menunjuk Plt Sekda, terkecuali Drs Samsul Azhar," kata sumber andalas. (DHIAN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px