Log in

Linmas dan WH Kampung Tak Jalankan Tugas Segera Diganti

Wakil Bupati Gayo Lues saat memberikan arahan saat Sosialisasi Linmas dan WH Kampung. Wakil Bupati Gayo Lues saat memberikan arahan saat Sosialisasi Linmas dan WH Kampung.

Blangkejeren-andalas Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani meminta para kepala desa merekomendasi nama-nama anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Wilayatul Hisbah (WH) Kampung (desa) yang tidak menjalankan tugas agar segera diganti dengan yang baru.

"Anggota Linmas dan WH Kampung itu ditugaskan mengawal Visi dan Misi Bupati menegakan syariat Islam. Mereka digaji Rp750 ribu per bulan," kata Said Sani  saat membuka Sosialisasi Pemaparan Tugas Satlinmas dan WH Kampung, di Hotel Nusa Indah, Blangkejeren, Kamis (15/8).

Ia mengatakan, anggota Linmas dan WH di masing-masing desa saat ini berjumlah tiga sampai lima orang. Mereka digaji dari anggaran dana desa untuk membantu mewujudkan Gayo Lues yang islami.

Ke depan koordinasi Linmas dan WH Kampung bukan saja dengan kepala desa, tetapi juga ke pemerintah kecamatan dan Satpol PP WH kabupaten.

"Tugasnya membantu kepala desa menjalankan syariat Islam, seperti melarang jika ada perjudian di desa itu, atau melaporkan ke Satpol PP dan WH Kabupaten jika harus dilakukan penindakan judi, melarang warga menghidupkan TV saat Magrib hingga Salat Isya, serta memberikan ketentraman kepada masyarakat umum," kata Said Sani.

Untuk itu ke depan dalam hal pengangkatan anggota Linmas dan WH Kampung, masing-masing kepala desa harus mengusulkan beberapa nama untuk dites atau diuji terlebih dahulu oleh Satpol PP dan WH Kabupaten, barulah dipilih yang sesuai kriteria atau dinyatakan lulus.

Sementara itu Sekdakab Gayo Lues Thalib SSos mengatakan, pembentukan Linmas dan WH Kampung lantaran ada persoalan di masing-masing desa, seperti adanya perjudian, minum-minuman keras, hingga pembuat keonaran. Tugas Linmas dan WH Kampung adalah untuk melarang perbuatan yang dilarang agama tersebut.

"Satpol PP dan WH Kabupaten tidak mungkin bisa menjangkau ke seluruh pelosok desa untuk menjalankan tugasnya. Jadi ketika tugas WH Kampung ini ada kendala, maka dilaporkan ke kabupaten dan pihak kabupaten yang memberi tindakan," katanya.

Dalam waktu dekat, peraturan mengenai Linmas dan WH Kampung akan direvisi supaya semua pihak yang terlibat di dalamnya memiliki rasa tanggung jawab,

Sementara Kasatpol PP dan WH Gayo Lues Irsan Firdaus mengatakan, peserta sosialisasi ini dilaksanakan dua hari dengan jumlah peserta sebanyak 79 orang dari enam kecamatan di hari pertama dan sebanyak 66 peserta dari lima kecamatan di hari kedua.

"Memang ada Linmas dan WH Kampung yang sekarang ini sudah tidak aktif lagi, itu sudah kita beri tahu kepada kepala desa agar segera mengusulkan diganti, sehingga Linmas dan WH Kampung yang digaji dengan dana desa Rp750 ribu ini juga bekerja untuk mewujudkan visi dan misi bupati menegakan syariat Islam," katanya. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px