Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Nurhayati Adukan Musda II MPD Hingga Berencana Gugat ke PTUN

  Surat pengaduan Nurhayati Sahali yang disampaikan ke DPRK Gayo Lues Surat pengaduan Nurhayati Sahali yang disampaikan ke DPRK Gayo Lues

Blangkejeren-andalas Anggota Majlis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Gayo Lues Nurhayati Sahali mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat, Senin (29/6), tujuanya adalah mengadukan kejanganggalan pada Musda II MPD yang dilakukan beberapa hari lalu hingga berencana menggugat ke PTUN, jika ketua terpilih tetap dilantik bupati.

Katanya, pada saat musyawarah pembentukan panitia Musda, Nurhayati Sahali dipilih dan disepakati sebagai anggota Steering Commitee (SC) sesuai dengan surat keputusan Ketua MPD Gayo Lues nomor 800/69/2020 tentang penetapan panitia Musda II MPD tahun 2020.

"Sesuai dengan Tata Tertip Musda II MPD Gayo Lues pada pasal 13 poin 3 disebutkan bahwa, pemimpin sidang pada acara Musda II MPD Gayo Lues tahun 2020 adalah Stering Commite Musda II MPD Gayo Lues," katanya.

Sebagai anggota Stering Comitte oleh ketua SC, Nurhayati mengaku diberikan tugas untuk membuat berita acara setiap persidangan dan untuk membuat tata tertib Musda diserahkan kepada anggota SC lainya yaitu Ali Amran, MPdI.

"Setelah mengikuti dan menjalani Musda II MPD Gayo Lues, terjadi pelanggaran terhadap peraturan Bupati nomor 4 tahun 2016 sebagai dasar hukum pergantian pengurus yang dituangkan pada tata tertip Musda II MPD Gayo Lues tahun 2020," jelasnya.

Dengan begitu, Nurhayati menolak menandatangani berita acara yang dibuat ulang oleh SC dan dinyatakan bahwa Musda II MPD Gayo Lues cacat hukum dan tidak demokratis. Selain itu, Nurhayati Sahali saat dikonfirmasi mengaku bahwa mulai dari perencanaan Musda II tidak sempurna, pendaptaran tidak dibuka untuk umum, dan ketua MPD lama yang seharusnya tidak memiliki hak memimpin sidang malah memimpin lagi berjalanya sidang.

"Kami menyerahkan kepada pengambil kebijakan yaitu Bupati Gayo Lues, intinya jika kebijakan ada di Bupati, saya meminta dukungan dari DPRK, dan jika tetap dilantik ketua yang terpilih, maka saya akan melanjutkan ke PTUN," katanya lagi.

Muhammad El Amin, Ketua Komisi D DPRK Gayo Lues bersama Ali Amran, dan Abdul Salam di gedung DPRK mengatakan, pihaknya akan mempelajari pengaduan Nurhayati Sahali terkait Musda II MPD Gayo Lues, "Kami akan menjumpai ketua DPRK dulu, kemudian baru menjumpai pak Bupati Gayo Lues, baru diketahui bagaimana selanjutnya," kata Ali Amran.

Sementara H Muhammad Amru selaku Bupati Gayo Lues yang dimintai tanggapanya terkait Musda tersebut masih belum menjawab, dan pesan WA Wartawan masih belum dibalas. (Nuar)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C