Log in

Puluhan Titik Jalan Terancam Longsor

Longsor yang terjadi di Jalan Blangkejeren Pining awal November 2019 lalu. Longsor yang terjadi di Jalan Blangkejeren Pining awal November 2019 lalu.

Ruas Gayo Lues-Aceh Timur

Blangkejeren-andalas Jalan lintas provinsi yang menghubungkan Kabupaten Gayo Lues dengan Kabupaten Aceh Timur kerap terjadi longsor, terutama di daerah Kacang Minyak yang masuk kawasan Kecamatan Dabun Gelang.

Abu Samah warga Pining yang ditanyai di Blangkejeren, Senin (2/12) mengatakan, saat ini ada puluhan titik badan jalan yang terancam longsor di beberapa lokasi. Begitu juga dengan badan jalan yang ambles ke jurang semakin banyak.

"Kalau melintas bisa, tapi agak susah karena banyak titik yang terancam longsor dan amblas," katanya saat ditanyai wartawan.

Abu Samah mengaku, Jalan Blangkejeren menuju Pining tembus ke Aceh Timur itu memang setiap tahun terjadi longsor, terutama saat musim hujan deras tiba mulai dari Oktober hingga Desember.

Untuk menjaga keselamatan, Abu Samah menyarankan setiap pengendara yang melintasi jalan tersebut agar berangkat pagi-pagi atau keadaan jalan masih terang. Sebab, jika terjebak longsor di jalan itu sudah pasti menginap di tengah hutan lantaran tidak ada jalan lain memotong menuju Gayo Lues ataupun Aceh Timur.

"Sebaiknya kalau mau lewat jalur itu pagi-pagi, supaya tidak terjebak longsor di tengah hutan, karena saat ini musim hujan. Jadi kemungkinan tanah longsornya sangat besar, bahkan bulan yang lalu juga pernah terjadi longsor, batang pinus, batu, dan tanah menutupi semua badan jalan," jelasnya.

Saat terjadi longsor bulan lalu, Abu Samah mengatakan banyak pengendara yang terjebak dan harus menunggu alat berat dulu baru bisa melintas. Sebab, kejadian longsornya berlangsung sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px