Log in

Ratusan Orang akan Menari di Gayo Lues

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues Syafruddin SSos. Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues Syafruddin SSos.

19 Agustus, Plt Gubenur Aceh Buka Indonesiana

Blangkejeren-andalas Ratusan orang akan menari saat acara pembukaan kegiatan seni budaya bertajuk "Indonesiana" yang dipusatkan di Stadion Seribu Bukit Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Senin 19 Agustus 2019.

Event yang penyelenggaraannya diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan RI akan dibuka oleh Plt Gubenur Aceh Nova Iriansyah bersamaan dengan pembukaan Gayo Alas Montaint Internasional Festival (GAMIFest) yang kegiatannya dimulai 15 Agustus hingga 24 November 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues Syafruddin SSos, Kamis (15/8) mengatakan, Indonesiana merupakan platform pendukung kegitan seni budaya di Indonesia yang bertujuan untuk membantu tata kelola kegiatan seni budaya yang berkelanjutan, berjejaring, dan berkembang.

"Pada saat pembukaan Indonesiana nantinya, kita akan menampilkan Tari Massal Turun ke Aih Aunen (tari massal turun ke sungai) yang melibatkan 85 penari wanita, kemudian penampilan Tari Saman pemda dengan jumlah 15 orang penari, barulah ditampilkan Tari Ratoh Jaro," katanya.

Tujuan ditampilkannya Tari Ratoh Jaro dalam pembukaan Indonesiana adalah untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat Indonesiana bahwa Tari Ratoh Jaro dimainkan oleh wanita yang menyerupai Tari Saman, sedangkan Tari Saman adalah tarian menepuk tangan dan dada yang dimainkan oleh pria dan tidak boleh dimainkan oleh wanita.

"Sehari sebelum pembukaan Indonesiana dan GAMIFest atau tanggal 18 Agustus, kita juga mengadakan kegiatan The Light of Aceh. Di hari itu kita akan menampilkan penyanyi dari Banda Aceh, Alas, dan Gayo," jelasnya.

Setelah acara pembukaan, 11 desa di Kabupaten Gayo Lues yang masing-masing mewakili kecamatan akan menyelenggarakan kesenian Bejamu Saman Roa Lo Roa Inggi (main saman dua hari dua malam bertandang ke desa lain). Kegiatan itu akan dibantu tenda dan alat pengeras suara oleh Indonesiana guna melestarikan budaya Gayo.

"Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan penampilan Tari Saman, Ratoh Jaro, dan yang lainya, kita membuka pintu selebar-lebarnya untuk datang, karena kegiatan ini sendiri di samping melestarikan adat dan budaya, juga untuk menarik minat wisatawan ke Gayo Lues," imbaunya. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px