Log in

Lahan yang Dikuasai Tamin Sukardi Dikembalikan ke Al-Washliyah

Kajari Deli Serdang Harli Siregar Kajari Deli Serdang Harli Siregar

Lubuk Pakam – andalas Kejaksaan Negeri (Kejari) Deli Serdang, Sumut, mengeksekusi dua lahan di Pasar 4, Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, setelah menerima salinan putusan Mahkamah Agung (MA). Kedua lahan itu dikuasai Tamin Sukardi, terpidana kasus penjualan aset lahan milik negara.

Kepala Kejari Deli Serdang Harli Siregar mengatakan, eksekusi oleh jaksa eksekutor Kejari Deli Serdang berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 1131 tertanggal 27 Mei 2019 yang berkekuatan hukum tetap.

"Yang dieksekusi yaitu lahan seluas 32 hektare dikembalikan kepada PB Al-Washliyah. Serta lahan seluas 74 hektare diserahkan kepada Mujianto selaku Direktur PT Agung Cemara Realty (ACR)," jelas Harli Siregar dalam keterangannya, Jumat (23/8/2019).

Setelah melakukan eksekusi, Kejaksaan Negeri Deli Serdang juga memasang spanduk di dua objek lahan tersebut. Selain mengeksekusi dua lahan tersebut, Kejaksaan juga menerima uang cicilan pengganti kerugian negara sebesar Rp 12,9 miliar.

"Uang pengganti kerugian negara yang harus dibayar Tamin sebesar Rp 103 miliar. Pembayaran dilakukan dengan tenggat waktu selama 24 bulan dengan cara 8 kali pembayaran angsuran," terangnya.

"Angsuran pertama pada hari ini Jumat 23 Agustus 2019 sebesar Rp 12,9 miliar. Sampai pembayaran dilunasi, PT Agung Cemara Reality memberikan jaminan sertifikat Hak Milik nomor 222, tanah dan bangunan kantor yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Medan seluas 1.430 M yang nilainya dianggap sama,"imbuh Harli.

Sebelumnya, Mahkamah Agung Tamin Sukardi, menyatakan Tamin Sukardi terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi karena telah menjual tanah yang belum dihapus dari aset negara. Majelis menjatuhinya hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Hukuman ini lebih rendah dari putusan Pengadilan Tinggi Medan yang menghukum Tamin dengan 8 tahun penjara. Di pengadilan tingkat pertama, majelis hakim PN Medan menjatuhinya hukuman 6 tahun penjara.

Penanganan perkara di PN Medan ini berujung pada Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK terhadap Tamin Sukardi dan salah seorang anggota majelis hakim Merry Purba. Dalam kasus ini, Tamin Sukardi dan hakim Merry Purba masing-masing dijatuhi hukuman 6 tahun penjara. (DTC/HAM)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px