Log in

Puting Beliung Terjang Aceh Utara

Sejumlah rumah di Kabupaten Aceh Utara rusak akibat diterjang angina puting beliung, Selasa petang (11/6).andalas|mulyadi Sejumlah rumah di Kabupaten Aceh Utara rusak akibat diterjang angina puting beliung, Selasa petang (11/6).andalas|mulyadi

Sejumlah Rumah Rusak

Aceh Utara – andalas Sejumlah rumah warga di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, rusak diterjang angin puting beliung. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, Selasa (11/6).

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kapolsek Seunuddon, Iptu Munawar mengatakan, ada beberapa rumah warga yang rusak. Antara lain, rumah milik Maryam (78), M Yakob (58), Masyitah (28), Juwairiah (55) dan rumah milik Jamaluddin (55). Lokasinya di Gampong Cot Kafiraton.

 “Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini, hanya kerugian materil secara menyeluruh diprediksi Rp50 juta. Namun saat kejadian itu warga sempat khawatir, karena atap rumah rusak diterpa angin kencang itu,” kata Kapolres.

Ian Rizkian menyebutkan, kejadiannya menjelang magrib sekira pukul 18.30 WIB. Untuk sementara waktu, semua korban masih menetap di rumah masing-masing. Tidak ada yang mengungsi.

Kata Kapolres, kejadian serupa juga melanda Gampong Cot Paya, Kecamatan Baktiya Barat dan sejumlah desa di Kecamatan Tanah Jambo Aye. Namun belum mendapatkan data secara rinci.

Sementara itu kepala BPBD Aceh Utara, Drs Amir Hamzah menyebutkan, jumlah rumah rusak masih terus didata. Kendati demikian Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, sudah memberikan bantuan masa panik.

Pihaknya menyebutkan, rumah warga yang terimbas akibat peristiwa alam tersebut terjadi di empat kecamatan yakni Kecamatan Seunedon, Kecamatan Baktya Barat, Simpang Keuramat dan Tanah Jamboe Aye.

“Beberapa unit rumah warga ada yang rusak berat dan ringan. Bantuan masa panik dari Dinsos sudah tersalurkan,” ungkap Amir Hamzah.

Sambungnya, sebanyak delapan toko mengalami kerusakan berada Keude Simpang IV Kecamatan Simpang Keuramat.  Atap seng berterbangan.

Dirinya merincikan, di Seunedon, rumah rusak berat yang didiami Zainabon (dihuni 4 jiwa). Kemudian milik Maryam di Gampong Cot Kafiraton. Masih di gampong yang sama yaitu rumah milik Jamaluddin (5 jiwa), Masyitah (2 jiwa), M Yakob (7 jiwa) dan Juwairiah (3 jiwa). Sedangkan di Gampong Matang Jeulikat, satu unit rumah tertimpa puhon.

Dari Kecamatan Baktiya Barat angin puting beliung terjadi di dua gampong yaitu Gampong Cot Paya dan Cot Buket. Data rumah rusak dan kerugian masih dalam pendataan.

Sementara di Kecamatan Simpang Keuramat, rumah milik Abdurrahman (dihuni 3 jiwa) yang berdomisili di Gampong Alue Badee, rusak  akibat tertimpa pohon tumbang. “Begitu juga dialami kantor geuchik setempat mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon.

Puting beliung di Tanah Jamboe Aye terjadi di Matang Jurong. Hanya saja jumlah rumah yang didiami berapa jiwa masih dalam pendataan. (MUL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px