Log in

20 Orang Lolos Seleksi Capim KPK, Laode M Syarif Tersingkir


Jakarta-andalas Wakil Ketua KPK Laode M Syarif gagal melanjutkan proses seleksi sebagai calon pimpinan (capim) KPK periode 2019-2023. Satu-satunya petahana yang masih bertahan yaitu Alexander Marwata.

"Peserta yang dinyatakan lulus dinyatakan tes tahap seterusnya," ucap Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di Kemensetneg, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Yenti mengumumkan 20 orang yang lolos dari 40 orang sebelumnya yang mengikuti profile assessment. Dari 20 orang itu tidak ada nama Laode M Syarif. Sebelumnya petahana yang gagal adalah Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan yang tak lolos tes psikologi.

Setelah ini para capim yang lulus akan menjalani tes kesehatan di RSPAD. Baru kemudian mereka akan menjalani wawancara dan uji publik pada 27 sampai 29 Agustus 2019 di Kemensetneg. Nantinya 9 anggota panitia seleksi (pansel) akan dibantu 2 orang panelis untuk menyeleksi para kandidat tersebut.

"Dari 9 pansel bertanya bertanya dan di antara itu ada 2 panelis untuk uji publik," ucap Yenti.

Nantinya masing-masing dari kandidat akan mengikuti tes itu kurang lebih satu jam. "Dan (proses tes) itu terbuka sejak awal terbuka dari pagi sampai sore dan masing-masing jamnya berbeda," ucap Yenti.

Dua panelis yang membantu pansel disebut Yenti berasal dari unsur akademisi dan pegiat antikorupsi. Namun Yenti belum membuka siapa 2 panelis yang direkrut pansel capim itu.

Namanya nanti ada beberapa yang belum dipastikan karena kita juga ingin spontanitas. Kalau kita sampaikan, nanti kemudian nama-nama yang kenal sama ini dia menghubungi ini kan repot juga," ucap Yenti.

Nantinya dari 20 kandidat yang ada akan dikerucutkan lagi menjadi 10 orang. Mereka yang lolos akan diajukan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk selanjutnya menjalani fit and proper test di DPR.

Berikut 20 capim yang diumumkan:

1. Alexander Marwata - Komisioner KPK
2. Antam Novambar - Anggota Polri
3. Bambang Sri Herwanto - Anggota Polri
4. Cahyo RE Wibowo - Karyawan BUMN
5. Firli Bahuri - Anggota Polri
6. I Nyoman Wara - Auditor BPK
7. Jimmy Muhamad Rifai Gani - Penasihat Menteri Desa
8. Johanis Tanak - Jaksa
9. Lili Pintauli Siregar - Advokat
10. Luthfi Jayadi Kurniawan - Dosen
11. Jasman Pandjaitan - Pensiunan Jaksa
12. Nawawi Pomolango - Hakim
13. Neneng Euis Fatimah - Dosen
14. Nurul Ghufron - Dosen
15. Roby Arya - PNS Seskab
16- Sigit Danang Joyo - PNS Kemenkeu
17. Sri Handayani - Anggota Polri
18. Sugeng Purnomo - Jaksa
19. Sujanarko - Pegawai KPK
20. Supardi - Jaksa
(dtc)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px