Log in

Corona Mengganas 743 Orang Meninggal Sehari di Italia


Roma - andalas Kepala Perlindungan Sipil Italia, Angelo Borrelli, mengatakan, korban meninggal akibat COVID-19 telah meningkat 743 orang menjadi 6.820 pada Selasa (24/3) waktu setempat.

Ia mengatakan ada tambahan 3.612 kasus sejak pengumuman terakhirnya, sehingga jumlah total orang yang terinfeksi saat ini di atas 54.000. Karena tingginya jumlah penderita, sistem layanan kesehatan Italia kewalahan dan tekanan meningkat terhadap rumah sakit di bagian utara negara itu yang paling parah terimbas.

Di banyak tempat, peti mati untuk orang yang meninggal menumpuk, menunggu kremasi dan penguburan. Sebagian besar pasien yang terkena virus corona hanya mengalami gejala ringan dan sembuh setelah sekitar dua minggu, namun virus ini sangat menular dan bisa menyebar dari orang-orang yang tidak menunjukkan gejala nyata.

Kematian Tertinggi

Wilayah Lombardia di Italia menerapkan aturan pembatasan yang lebih ketat untuk mengatasi penyebaran virus corona. Lombardia adalah wilayah yang paling parah terdampak virus corona di Italia, dengan angka kematian 3.095 atau sekitar 64% dari total kematian di Italia.

Peraturan baru yang diumumkan pada hari Sabtu malam itu melarang olahraga dan aktivitas fisik di luar rumah, bahkan secara individu. Penggunaan mesin penjual otomatis, alias vending machine, juga tidak boleh.

Langkah ini dilakukan ketika Italia melaporkan hampir 800 kematian akibat virus corona pada hari Sabtu dan 651 pada Minggu (22/03), yang membuat jumlah korbannya selama sebulan terakhir mencapai 5.476, tertinggi di dunia.

Pembatasan yang lebih ketat ini diumumkan presiden wilayah, Attilio Fontana, dalam sebuah pernyataan. Ia juga meminta para pengusaha menutup semua operasi, kecuali rantai pasokan yang "esensial".

Lombardia telah dikarantina sejak tanggal 8 Maret, dan pemerintah Italia berharap kebijakan itu berdampak. Pada hari Sabtu, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte memerintahkan penutupan semua tempat usaha "non-esensial".

Namun ia tidak memerinci tempat usaha mana yang dianggap esensial. Supermarket, apotek, kantor pos, dan bank akan tetap buka dan transportasi umum akan terus berjalan.

Dalam pidato kenegaraan yang disiarkan melalui televisi, PM Conte mengatakan, "Kita akan memperlambat mesin produksi negara ini, tapi kita tidak akan menghentikannya." Conte menggambarkan situasi ini sebagai "krisis paling sulit dalam masa pasca-perang".(OKZ/DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px