Log in

Dukung Penghapusan Posisi Sekjen, Elite PKB: Konsep Besar Cak Imin


Jakarta – andalas Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengungkap soal aspirasi kader tentang penghapusan posisi sekjen. Politikus PKB Lukman Edy menyebut penghapusan posisi Sekjen merupakan konsep Cak Imin.

"Kebijakan untuk mengubah AD/ART dengan menghilangkan posisi sekjen sudah tepat, dan bagian dari konsep besar Cak Imin sebagai mandatoris tunggal. Ini juga melengkapi desain sentralisasi di Ketua Umum Tanfidz, di mana sebelumnya fungsi dan kewenangan Dewan Syuro diminimalisir sampai tidak memiliki makna apa-apa di PKB," kata Lukman kepada wartawan, Kamis (22/8).

Sementara terkait aspirasi posisi sekjen diganti direktur eksekutif, Lukman menyebut direktur eksekutif adalah karyawan DPP.

"Dalam konsepnya direktur eksekutif, pastilah adalah posisi tertinggi bagi karyawan DPP PKB. Dia ditunjuk dan digaji oleh DPP dan sewaktu-waktu bisa diberhentikan dan diganti oleh Ketua Umum. Direktur Eksekutif adalah Karyawan DPP," ucap Lukman.

Lukman juga menjelaskan soal kewenangan mandatori tunggal partai. Dia mengatakan mandatori tunggal memiliki kewenangan menunjuk pengurus partai di tingkat kabupaten/kota.

"Sebenarnya masih ada satu lagi yang signifikan, yaitu mandatori tunggal juga berwenang untuk menentukan proses penunjukan pengurus cabang di tingkat kabupaten/kota dan pengurus wilayah di tingkat provinsi," jelasnya.

Kembali ke soal penghapusan posisi Sekjen PKB. Lukman mengaku bersedia menjelaskan alasan dan dampak penghapusan posisi sekjen.

"Perubahan PKB seperti ini pasti menimbulkan pro dan kontra. Bagi yang kontra dan tidak setuju, ingin mendapatkan penjelasan lebih terperinci filosofis dan implikasinya, mari kita diskusikan secara mendalam. Saya menyediakan waktu untuk itu," tutur Lukman.

Soal penghapusan posisi sekjen disampaikan Cak Imin di sela-sela Muktamar PKB di Bali, Rabu. Menurut Cak Imin, penghapusan posisi sekjen merupakan aspirasi kader.

"Ada aspirasi tidak ada sekjen, yang ada direktur eksekutif. Aspirasinya perubahannya di situ," kata Cak Imin di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8).

Alasan diusulkannya jabatan sekjen ini, kata Muhaimin, lantaran posisi tersebut cenderung politis. Jika jadi dihapuskan, kata dia, kerja-kerja politis akan dilakukan oleh wakil ketua umum. Sedangkan direktur eksekutif akan lebih banyak mengurus masalah internal kepartaian.

Muhaimin mengklaim perubahan struktur ini diperlukan. Dia merasa perlu ada sosok-sosok wakil ketua umum baru yang segar. Cak Imin pun mengaku tak ingin terlalu mendominasi di internal partai.

"Saya akan banyak off ya, sehingga muncul wakil ketua umum wakil ketua umum yang lebih fresh. Saya tidak mau mendominasi lagi," ujarnya.

Meski begitu, Muhaimin mengaku belum tahu apa yang akan diputuskan. Dia mengatakan masih memerlukan waktu untuk membahas dan mengambil keputusan ihwal penghapusan jabatan sekjen ini.

"Aku masih bingung karena ini ide baru," kata Muhaimin yang memasuki periode keempatnya sebagai ketua umum ini.

Pengurus Baru

Sementara itu, Cak Imin masih menentukan nama-nama pengurus DPP PKB periode 2019-2024. Pengumuman nama pengurus baru ini ada kemungkinan dilakukan di Jakarta.

"Pak Muhaimin terpilih secara aklamasi dan beliau sebagai mandataris tunggal muktamar. Dia yang akan menyusun kepengurusan PKB periode 2019-2024," kata Ketua DPP PKB Demisioner Ida Fauziyah di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8).

"Pada saatnya beliau akan mengumumkan kepengurusan DPP PKB. Acara sudah selesai. Nanti beliau akan umumkan setelah nggak di sini, di Jakarta," imbuh Ida.
Ida menyatakan kader PKB menyerahkan sepenuhnya kepada Cak Imin soal pengurus baru yang akan menjabat di periode 2019-2024. Tidak ada deadline bagi Cak Imin untuk menentukan pengurus baru.

Selain itu, Muktamar PKB menetapkan kembali Dimyati Rois atau Mbah Dim sebagai Ketua Dewan Syuro PKB. Keputusan diambil dalam Musyawarah Pengurus DPW (MPW).

"Setelah ada permusyawaratan di tingkat MPW sebagai ketua sidang saya meminta persetujuan muktamirin pada pleno keenam tadi siang," jelas Ida.

Muktamar PKB yang digelar di Nusa Dua, Bali, resmi ditutup Rabu malam. Adalah wapres terpilih KH Ma'ruf Amin yang menutupnya.     (DTC/DOH)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px