Log in

Eggi Sudjana Ditangkap Saat Diperiksa


Jakarta – andalas Kuasa hukum Eggi Sudjana, Pitra Romadoni Nasution mengungkapkan kliennya ditangkap oleh penyidik Polda Metro Jaya setelah menjalani pemeriksaan selama 13 jam. Eggi menjalani pemeriksaan sejak Senin (13/5) pukul 16.30 WIB. Eggi ditangkap sekira pukul 05.30 WIB.

Penangkapan ini berdasarkan surat penangkapan dengan nomor register B/7608/V/RES.1.24/2019/Ditreskrimum. Menurut Pitra, ada kejanggalan atas dikeluarkannya surat penangkapan tersebut.

"Terhadap surat penangkapan ini, sangat janggal dan aneh karena penangkapan dilakukan di ruangan penyidik. Kalau yang namanya penangkapan kan biasanya di luar daripada ruang penyidik," ujar Pitra di Polda Metro Jaya, Selasa (14/5).

Menurut Pitra, kliennya ditahan dalam kurun waktu 1x24 jam sejak dikeluarkannya surat penangkapan tersebut. Eggi hanya menuliskan sebuah pesan di sebuah kertas yang menyiratkan ketidakadilan.

"Aneh makarnya tidak ada, tapi tersangkanya sudah ada dan ditangkap," bunyi keterangan pesan Eggi Sudjana. Kuasa Hukum Eggi Sudjana, Pitra Romadoni, juga geram atas Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Sebab, ia menilai BPN telah membuat susah atas kasus yang menimpa kliennya atas dugaan makar terkait seruan 'people power'.

"Saya minta kepada tim BPN kalau seumpama tidak bisa membantu tolong jangan buat kita susah. Itu saja," tegas Pitra di Polda Metro Jaya, Selasa (14/5). Dalam pernyataan itu, Pitra enggan menjelaskan maksud tersebut dan langsung masuk ke Gedung Direktorat Reserse Kiriminal Umum Polda Metro Jaya dan meninggal awak media.

Diduga, ucapan itu terkait pernyataan Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Andre Rosiade, yang menyatakan BPN tidak pernah punya rencana people power. "Nanti, nanti ya," singkatnya.

Sementara itu, Polda Metro Jaya menegaskan penangkapan Eggi sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. "Aturan toh," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dihubungi, Selasa (14/5).

Hingga saat ini Eggi masih diperiksa secara intensif di Polda metro Jaya. Polisi akan memutuskan Eggi ditahan atau tidak setelah 1 x 24 jam seusai penangkapan tersebut. "Penyidik mempunyai waktu 24 jam untuk menentukan apakah tersangka ditahan atau tidak," ucapnya.

Eggi ditangkap berdasarkan Surat Perintah Penangkapan Nomor: SP.Kap/1012/V/2019/Ditreskrimum tertanggal 14 Mei 2019. Argo mengatakan surat pemberitahuan penangkapan itu dibacakan saat Eggi diperiksa.

Eggi disebutkan menandatangani surat perintah penangkapan tersebut. "Berita acara penangkapan ditandatangani pada hari Selasa tanggal 14 Mei 2019 pukul 06.25 WIB," ucapnya. (TNC/DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px