Log in

Kemendagri Tak Masalah Anies Berseragam Dinas ke Reuni 212


Jakarta - andalas Kementerian Dalam Negeri tidak mempermasalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan pakaian dinas saat menghadiri kegiatan reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri Akmal Malik menyebut tidak ada aturan khusus mengenai larangan kepala daerah menghadiri undangan memakai pakaian dinas.

"Iya boleh dong, masa iya dia pakai gamis. Dia pakai pakaian dinas dong karena kapasitasnya sebagai gubernur," kata Akmal saat dihubungi, Selasa (2/12). Sebelumnya, Anies menghadiri reuni 212 mengenakan pakaian dinas dan mengenakan peci. Anies disambut ucapan takbir dan sebutan 'Gubernur Indonesia'.

"Selamat datang Bapak Anies Baswedan, Gubernur Indonesia," ujar pembawa acara. Saat menghadiri acara tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga sempat menyinggung mengenai keberagaman Indonesia.

Bangsa Indonesia, sering menarik perhatian dan sering kita sampaikan karena keberagamannya. Sesungguhnya yang unik pada Indonesia bukan hanya keberagamannya," kata Anies. Padahal kata dia, terdapat negara lain yang beragam pula seperti Indonesia. Namun, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut ada sesuatu hal yang membuat Indonesia itu berbeda.

"Apa yang unik bangsa Indonesia dibandingkan yang lain? Keunikan kita adalah di sini ada persatuan Indonesia," ucapnya. Dia menyebut bahwa reuni yang di terjadi di Monas ini merupakan bentuk persatuan dari Indonesia.

Sementara itu, Polri memastikan, acara Reuni Akbar Alumni 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12) pagi, berjalan kondusif. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono mengaku pihaknya tidak menerima laporan tentang adanya tindakan melanggar hukum dalam acara itu. "Dari pelaksanaannya, kami mendapat laporan bahwa tidak terjadi apa-apa, berjalan dengan aman, lancar," ungkap Argo di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/12).

Polri telah memberikan imbauan agar massa yang hadir mengikuti acara dengan tertib. Saat ini, massa pun sudah membubarkan diri. "Pada saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing," kata dia.  Sebelumnya diberitakan, sejumlah jamaah dari berbagai daerah hadir untuk meramaikan acara Reuni Akbar Alumni 212. Para peserta acara tersebut dengan tertib langsung membubarkan diri dan meninggalkan kawasan Monas. Tampak mereka mengambil sepeda motor dan mobil masing-masing yang diparkir di sekitar Monas. Ada pula yang memilih untuk berjalan kaki ke Stasiun Gondangdia dan Stasiun Juanda yang berdekatan dengan kawasan Monas. (MDC/DTC/KPC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px