Log in

Zulkifli Hasan Klaim Amien Rais Dukung Jokowi


Jakarta – andalas Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sebenarnya mendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Hal itu, kata dia, terlihat dari ucapan Amien Rais yang ingin memberikan Jokowi-Ma'ruf kesempatan.

"Pak Amien kan mengatakan kita beri kesempatan kepada Pak Jokowi dan Kiai Maruf sampai lima tahun, itu bahasa Pak Amien saya kira itu bahasa yang paling halus ya," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7).

Dia mengungkapkan, yang diucapkan Amien sama dengan ucapannya selamat dan doa yang pernah untuk Jokowi. Ucapan Amien Rais juga dianggap memiliki subtansi yang sama. "Kalau bahasa saya kita dukung dan kita doakan agar Pak Jokowi dan Kyai Ma'ruf sukses memimpin Indonesia sehingga kita berubah menjadi lebih baik lebih adil dan lebih sejahtera yan saya kira subtansinya sama," ujarnya.

Zulkifli Hasan juga mengatakan, partainya tidak akan meminta jatah kursi menteri pada presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Meminta jatah kursi menteri pada presiden, kata dia, tidak sesuai dengan aturan konstitusi.

"Ini kan MPR, MPR itu mengerti aturan ya. Termasuk kami juga justru enggak boleh minta-minta (kursi menteri) itu," katanya. Zulkifli menjelaskan, dalam konstitusi kedaulatan ada di tangan rakyat. Tetapi kedaulatan itu sudah diserahkan melalui mandat ke Jokowi.

"Kalau menurut ketentuan konstitusi itu yang berdaulat itu rakyat, rakyat sudah memberikan kedaulatan kepada Pak presiden terpilih Pak Jokowi. Itu sepenuhnya hak presiden," ungkapnya.

Sebelumnya, ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais berharap pertemuan antara capres terpilih Jokowi dengan Prabowo Subianto tidak mematikan kubu oposisi. Amien menganggap, keberadaan kelompok oposisi dalam sistem ketatanegaraan sangat diperlukan. Kaum oposan bagi Amien Rais, merupakan bagian dari demokrasi yang tidak terpisahkan.

"Demokrasi tanpa oposisi, itu demokrasi bohong-bohongan. Demokrasi itu ada check and balance. eksekutif melangkah dengan macam-macam langkah, lantas yang mengecek dan balance itu namanya parlemen. Kalau parlemen sebagian besar sudah jadi tukang cap stampel atau juru bicaranya eksekutif, itu artinya lonceng kematian demokrasi," ucap Amien di DPP PAN, Jakarta, Senin (15/7).

Amien Rais menilai, Jokowi memahami betul sistem dan prinsip berdemokrasi. "Pak Jokowi itu mudeng demokrasi," ucap mantan Ketum PP Muhammadiyah ini. Amien Rais justru menyindir ada pihak yang meminta kursi ke Jokowi. Padahal tidak ditawari. Namun Amien tak menyebut sosok tersebut. "Yang lucu, enggak ditawarin Pak Jokowi tapi ada yang minta-minta. Itu kan aib. Jadi geer," jelas Amien. Karena itu, Amien Rais berharap PAN konsisten menjaga sikap politiknya untuk tetap berada di luar pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. "Sama, jangan sampai bergabung," tukasnya. (MDC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px