Log in

Bosnia dan Karo Jajaki Sister City

Bupati Karo Terkelin Brahmana memperkenalkan Wakil Bupati Cory S Sebayang saat menyambut Duta Besar Republik Indonesia di Sarajevo untuk Bosnia dan Herzegovina, Amelia Achmad Yani. andalas|ist Bupati Karo Terkelin Brahmana memperkenalkan Wakil Bupati Cory S Sebayang saat menyambut Duta Besar Republik Indonesia di Sarajevo untuk Bosnia dan Herzegovina, Amelia Achmad Yani. andalas|ist

Kabanjahe-andalas  Duta Besar Republik Indonesia di Sarajevo untuk Bosnia dan Herzegovina, Amelia Achmad Yani berkunjung ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat (19/7). Amelia datang dengan membawa delegasi dari negara pecahan Yugolavia itu.

Selain untuk menjajaki kerja sama "Sister City" Kabupaten Karo dan Bosnia, kunjungan Ameli dan rombongan juga untuk menjajaki peluang ekspor kopi ke negara tersebut.

Diawali dengan jamuan makan siang, Amelia yang juga putri Pahlawan Revolusi Jenderal Achmad Yani dan rombongan disambut Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan Wakil Bupati Cory Sebayang di Hotel Internasional Sibayak Berastagi.

Usai menyantap makan siang dan beramah-tamah dengan jajaran Pemkab Karo, Amelia dan delegasi dari Bosnis melanjutkan perjalanan ke kawasan Gunung Sinabung di Desa Perteguhan, Kecamatan Simpang Empat.

Di sana delegasi diajak melihat objek wisata "Volkano Park Sinabung" dan hamparan perkebunan masyarakat di sekitar Gunung Api Sinabung yang erupsi sejak 2010 hingga sekarang dan belum diketahui sampai kapan berakhir.

Selain sektor perdagangan, Amelia mengatakan tujuan lain dari kunjungan mereka ini adalah untuk mempromosikan pariwisata dan misi pendidikan. Karena itu ia juga membawa media dari Bosnia dan Herzegovina. Hasil perjalanan mereka selama di Sumatera Utara nantinya dipublikasikan di Bosnia.

"Volkano Park Sinabung  sangat menarik dan juga Berastagi serta objek wisata lainnya di Kabupaten Karo yang dianugerahi Yang Maha Kuasa alam yang indah dengan udara yang sejuk sepanjang musim. Di sana (Bosnia dan Herzegovina-red) nanti, akan kita promosikan," ujarnya.

Amelia yang mengaku sudah bertugas selama 3,4 tahun sebagai Dubes RI di Bosnia dan Herzegovina dalam kesempatan itu juga menyampaikan ketertarikan sejumlah pengusaha dari Bosnia dan Herzegovina terhadap Indonesia, khususnya Kabupaten Karo.  Dirinya melihat ada peluang kerja sama dengan sejumlah pengusaha sebagai negara agraris.

Hubungan Indonesia dengan Bosnia dan Herzegovina selama ini berjalan sangat bagus serta memiliki historis yang panjang sejak era Yugoslavia dipimpin Josip Broz Tito dan Presiden Indonesia saat itu, Bung Karno.

Ikut dalam rombongan Amelia tersebut, diantaranya Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic, pemilik Perusahaan Papilon Halid Salihovic, Manajer V Group Palis Brcko Dorde Markovic, Konselor Ekonomi KBRI Bosnia Herzegovina Mahendra.

Turut menyambut kedatangan rombongan tersebut Asisten 1 Pemkab Karo Drs Suang Karo karo, Plt Kadis Pariwisata Kasman Sembiring SH, Kasatpol PP Hendrik Tarigan, sejumlah OPD, camat, dan lainnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px