Logo
Print this page

Gumpang Lempuh dan Blangkala Bakal Jadi Sentra Penghasil Cengkeh

Bibit cengkeh yang disalurkan Bidang Perkebunan Gayo Lues ke para petani di dua desa di Gayo Lues. Bibit cengkeh yang disalurkan Bidang Perkebunan Gayo Lues ke para petani di dua desa di Gayo Lues.

Gayo Lues-andalas Dua desa di Kabupaten Gayo Lues bakal menjadi sentra penghasil cengkeh di masa mendatang. Dua desa itu adalah Gumpang Lempuh di Kecamatan Putri Betung dan Desa Blangkala di Kecamatan Terangun.

Kabid Perkebunan Gayo Lues Ridwansyah kepada wartawan, Rabu (22/5) mengatakan, tahun lalu Dinas Pertanian dan Perkebunan memberikan bantuan bibit cengkeh ke para petani di Desa Gumpang Lempuh dan Desa Blangkala dengan harapan supaya ke depan kebutuhan cengkeh lokal bisa terpenuhi tanpa harus mendatangkannya dari luar daerah.

"Itu hanya sebagai contoh perkebunan saja dengan sistem tanaman penyeling. Jika nantinya perkembangan cengkeh ini bagus, maka kami dari Perkebunan akan kembali memprogramkan pengembangan tanaman cengkeh ini. Kalau yang sekarang sistemnya masih uji coba dan mudah-mudahan bagus supaya bisa dikembangkan nantinya," katanya.

Pemberian bibit cengkeh itu, kata Ridwansyah, bermula dari gagasan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues yang kemudian direalisasikan lewat program pemberian bantuan bibit cengkeh dengan pagu anggaran Rp99 juta pada tahun 2018.

"Untuk Desa Gumpang Lempuh Putri Betung, jumlah bibit yang kami salurkan mencapai 4.000 batang, kemudian untuk Blangkala Terangun 2.000 batang. Bibit ini juga boleh diambil masyarakat sekitar yang ingin menanamnya, termasuk ke Kompi Brimob juga ada beberapa ratus batang ditanam di situ, karena dulunya tanah bekas Kompi Brimob itu memang banyak tanaman cengkeh," jelasnya.

Bidang Perkebunan Gayo Lues menurutnya masih menunggu hasil dari tanaman cengkeh tersebut supaya bisa kembali diprogramkan di tahun-tahun berikutnya. Jika memang tanaman cengkeh bagus di dataran tinggi Gayo Lues, kemungkinan besar akan banyak warga yang mau menanam cengkeh di kebunnya masing-masing mengingat harga cengkeh saat ini sangat tinggi. (NUAR)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com