Log in

Harga Cabai Merah Gayo Rp15 Ribu Sekilo

Cabai merah Gayo Lues sedang banjir di beberapa kecamatan. Cabai merah Gayo Lues sedang banjir di beberapa kecamatan.

Blangkejeren-andalas Harga cabai merah di Kabupaten Gayo Lues terus turun sejak sebulan terakhir. Dari sebelumnya mencapai Rp30 ribu per kilogram (Kg), turun ke Rp25 per Kg, dan kini menjadi Rp15 ribu per Kg.

Jenab salah satu petani cabai merah di Blangkejeren, Senin (2/12) mengatakan, turunnya harga cabai merah di Kabupaten Gayo Lues disebabkan membanjirnya cabai merah. Hal ini karena saat saat ini sedang musim panen cabai merah. Terutama di daerah Desa Bengkik, Kecamatan Blangpegayon, di mana tanaman cabai merah yang dipanen warga cukup luas.

"Harga cabai merah ini biasanya sangat dipengaruhi oleh sedikit atau banyaknya orang panen cabai merah. Kalau banyak orang panen, harganya murah dan kalau sedikit orang panen, maka harganya lebih mahal," katanya.

Selain itu, harga cabai merah di Kabupaten Gayo Lues, kata Jenab, juga dipengaruhi oleh pasokan cabai di daerah lain yang ada di Sumatera terutama Medan, Sumatera Utara.

"Kebanyakan hasil panen cabai dari Gayo Lues dijual ke Medan dan ke bagian Aceh Barat Daya. Kalau konsumsi masyarakat Gayo Lues palingan sekitar 200 hingga 300 kilogram per harinya. Yang lebih banyak biasa dikirim ke Medan. Makanya harga cabai di Medan sangat mempengaruhi perekonomian petani cabai kita," jelasnya.

Jika harga cabai terus bertahan Rp15 ribu per Kg, Jenab mengaku petani Gayo Lues tidak akan mengalami rugi, melainkan hanya mendapat sedikit keuntungan. Namun jika harga di bawah Rp10 ribu per Kg, maka petani cabai merah sudah pasti mengalami kerugian. Sebab harga segitu tidak sebanding dengan biaya pembelian bibit, mulsa, pupuk, dan pestisida yang sangat mahal.

"Biasanya menjelang akhir tahun harga cabai akan naik. Tapi tahun ini kita tidak tahu. Kami hanya berharap agar harga cabai ini bisa naik," ujarnya.

Di Pajak Pagi Terpadu Blangkejeren, pedagang eceran menjual cabai merah dengan harga Rp20 ribu per Kg dan setiap 1 Kg, pedagang rata-rata mengambil keuntungan Rp5 ribu. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px