Logo
Print this page

KM Kelud dari Batam Tiba Sore di Belawan, Ribuan Calon Penumpang Berjam-jam Terjemur

Calon penumpang berpanas-panasan di luar runggu Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan menunggu kedatangan KM Kelud tujuan Batam. Calon penumpang berpanas-panasan di luar runggu Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan menunggu kedatangan KM Kelud tujuan Batam.

Belawan-andalas Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan masih dipadati penumpang yang akan berangkat ke Batam, pada Minggu (16/6). Meski banyak calon penumpang telah tiba di terminal sejak pagi, Kapal Motor (KM) Kelud dari Batam, baru sandar di dermaga sekitar pukul 18.00 WIB.  

Ribuan calon penumpang yang menunggu di luar ruang terminal sempat dibuat panik saat hujan gerimis tiba-tiba mengguyur kawasan tersebut. Padahal sebelumnya mereka telah berjam-jam berpanas-panas di bawah terik sinar matahari lantaran tak bisa masuk ke ruang tunggu terminal yang berkapasitas terbatas.

Menurut salah seorang calon penumpang KM Kelud, Rosmini waga Stabat, Kabupaten Langkat, dia bersama keluarganya sudah tiba di Terminal Bandar Deli pukul 07.00 WIB karena mendapat Informasi kapal dari Batam akan masuk ke Belawan pukul 07.00 WIB.

"Tapi setelah berada di terminal, kami mendapatkan informasi ternyata Kapal KM Kelud baru masuk ke Belawan, sewaktu kami mau masuk ke ruangan tunggu penumpang ternyata pintunya belum dibuka oleh petugas, terpaksa kami harus duduk di emperan terminal ini," bebernya kecewa.

Calon penumpang lainnya, Borkat Bagariang dengan nada tinggi menyampaikan rasa kecewanya kepada PT Pelni Medan karena tidak adanya pemberitahuan kepada calon penumpng soal jadwal pasti kedatangan KM Kelud di Belawan.

"Kami juga merasa kecewa kepada PT Pelindo l Cabang Belawan, masakkan sudah pukul 08.20 pintu ruangan tunggu belum dibuka-buka," jelas Borkat kepada wartawan.

Sementara itu Dedek (35), calon penumpang asal Batu Bara bersama keluarganya saat akan berangkat ke Batam menunggu kedatangan kapal KM Kelud di lapangan Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan.

"Kami datang dari Batu Bara pukul 09.30 WIB dan langsung masuk ke lapangan terminal penumpang menunggu kapal KM Kelud yang belum sampai. Sudah seharian kami dijemur di tempat ini dan sore ini gerimispun datang maka kami menjadi hubar-habir mencari tempat berteduh agar anak-anak dan barang bawaan kami tidak terkena air hujan gerimis," ujarnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kecamatan Medan Belawan saat akan menjemput familinya yang baru tiba dari Batam menumpang KM Kelud di Pelabuhan Belawan mengaku heran melihat PT Pelini dan PT Pelindo l Medan yang 'menjemur' ribuan calon penumpang KM Kelud.

Seharusnya PT Pelni dan PT Pelindo l Medan memasang tenda yang panjang dan lebar agar ribuan orang penumpang kapal ini bisa berteduh di dalam tenda.

"Macam mana tak heran, masakkan tenda STM yang dipasang untuk menampung ribuan orang ini. Sementara di ruangan tunggu hanya bisa menampung sekitar 1.000 orang jadi yang terjemur sekitar 2.731 orang," sindirnya.

Kepala Cabang PT Pelni Medan Luthfi Iskar saat dikonfirmasi wartawan menyebutkan KM Kelud yang akan berangkat hari itu ke Batam akan membawa sebanyak 3.731 orang penumpang jiwa.

Sementara yang turun dari kapal di Pelabuhan Belawan sebanyak 2.278 orang penumpang baik dewasa, anaka-anak maupun balita.

KM Kelud tiba di Belawan pukul 18.00 WIB dan berangkat menuju ke Batam sekitar pukul 21.00 WIB.

Saat disinggung tentang tenda STM yang dipasang di area luar ruang tunggu terminal , Lufthi mengatakan itu bukan tanggung jawab PT Pelni, tapi itu tanggung jawab PT Pelindo l. (GUS/MTC)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com