Logo
Print this page

PD Pasar dan PD RPH Awasi Peredaran Daging

Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya didampingi Plt Dirut PD RPH Medan Ainal memegang plang sertifikat daging halal di salah satu kios pedagang di Pasar Petisah. Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya didampingi Plt Dirut PD RPH Medan Ainal memegang plang sertifikat daging halal di salah satu kios pedagang di Pasar Petisah.

Medan-andalas Dua badan usaha milik daerah (BUMD) Pemko Medan, yakni Perusahaan Daerah (PD) Pasar Medan dan PD Rumah Potoh Hewan (RPH) Medan sepakat bekerja sama untuk mengawasi peredaran daging di Kota Medan.

Kesepakatan bekerja sama ini dituangkan dalam naskah Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pihak PD Pasar Medan dan PD RPH Medan, Rabu (10/7). Kerja sama pengawasan ini untuk menjamin kualitas daging yang beredar di pasar-pasar, termasuk kehalalannya dan higienisnya. Dengan begitu tidak ada keraguan di masyarakat untuk membeli dan mengonsumsi daging tersebut.

Direktur Utama PD Pasar Rusdi Sinuraya menyebutkan, tujuan diadakannya MoU dengan PD RPH Medan mutlak untuk kemaslahatan masyarakat Kota Medan. Sebab masyarakat perlu terjamin untuk mengonsumsi daging sapi yang halal, sehat, dan higienis.

"Ada daging halal tapi tidak higienis, jelas ini juga tidak bagus. Ada higienis tapi tidak halal, kalau ini lebih tidak baik lagi. Makanya antara halal dan higienis harus kompak. Sehingga kita dan RPH sepakat untuk kerja sama agar semua masyarakat Medan tidak ragu lagi membeli daging di pasar Kota Medan," ungkap Rusdi usai penandatanganan MoU dengan PD RPH di Kantor PD Pasar, di Petisah, Medan, Rabu (10/7).

Diakuinya, MoU serupa sebenarnya sudah pernah dilakukan dengan Dirut PD RPH yang lama. Hanya saja kurang berjalan maksimal. Sehingga MoU dengan Dirut PD RPH yang baru diharapkan dapat berjalan dengan baik.

"Masalah yang timbul di pasar, tanggung jawab kami. Harapannya, melalui MoU ini tidak ada lagi isu tentang daging gelondongan. Kami tidak mau dan bukan hanya masalah daging sapi, daging ayam dan bahan lainnya juga harus kami awasi," tegas Rusdi sembari menjelaskan  kehalalan daging juga harus dipastikan dari sisi pemotongan, pendistribusian, dan tata penjualannya.

Sementara itu Plt Direktur Utama PD RPH Medan, Ainal Mardiah menambahkan melalui MoU tersebut, kualitas daging yang dijual di pasar sekota Medan dapat sehat, aman utuh dan tentunya halal. Bahkan untuk sertifikasi halal, RPH sudah dikeluarkan oleh MUI Sumut.

"Kita sudah miliki sertifikat halal dari MUI Sumut. Di Sumut, baru PD RPH Medan yang memiliki sertifikat tersebut, halal dalam pemotongan dan daging. Kita sudah lengkapi semua. Mari sama-sama kita lakukan pengawasan dan monitoring terhadap daging yang beredar di pasar," imbuh Ainal.    

Ainal juga berharap melalui kerja sama ini dapat meningkatkan pendapatan bagi perusahaan dan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Medan. "Jadi nantinya pedagang akan mendapat tiga karcis dari PD RPH, yakni pengandangan, pemotongan dan halal. Kalau tidak ada ketiga karcis itu, berarti tidak jelas dagingnya," tegasnya.

Anggota Fraksi PKS DPRD Medan yang juga Ketua Pansus Halal Higienis, Rajudin Sagala, mengapresiasi MoU yang dilakukan PD Pasar dan PD RPH. Menurutnya kerja sama itu dapat menjamin kebutuhan masyarakat terkait daging yang beredar agar layak konsumsi. Tidak hanya halal, tetapi juga daging segar.

"Kita sangat setuju dan apresiasi kerja sama itu. Tentu ini terobosan yang sangat bermanfaat bagi umat khususnya. Salah satu tujuan Perda Halal adalah untuk menjamin produk daging yang beredar di masyarakat," papar Rajudin di DPRD Medan. (THA)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com