Log in

Pertamina Tantang Milenial Kembangkan Produk Ramah Lingkungan

Musicool adalah produk pendingin ramah lingkungan karena tidak mengandung Bahan Perusak Ozon (BPO) dan bahan penyebab Gas Rumah Kaca (Non GRK). Musicool adalah produk pendingin ramah lingkungan karena tidak mengandung Bahan Perusak Ozon (BPO) dan bahan penyebab Gas Rumah Kaca (Non GRK).

Medan-andalas Milenial zaman now ternyata generasi yang sadar lingkungan. Riset global oleh Nielsen menemukan tiga dari empat milenial lebih memilih produk ramah lingkungan. Sementara survey BoF & McKinsey menyebut 66 persen milenial bersedia membayar lebih untuk produk "hijau."

"Mendukung peningkatan kesadaran produk ramah lingkungan di kalangan milenial, Pertamina menggelar Musicool Paper Competion 2019. Kompetisi ini menantang mahasiswa menghasilkan karya tulis yang mengelaborasi potensi pengembangan aplikasi penggunaan Musicool," ujar Roby Hervindo, Unit Manager Communication Relations & CSR MOR I di Medan, Kamis (18/7).

Musicool adalah produk pendingin ramah lingkungan karena tidak mengandung Bahan Perusak Ozon (BPO) dan bahan penyebab Gas Rumah Kaca (Non GRK). BPO dan GRK memang jadi salah satu biang penipisan ozon yang berdampak pada pemanasan global.

Tema Musicool Paper Competion 2019 adalah "Hydrocarbon Refrigerant for Green Cooling Aplication System." Target pesertanya mahasiswa dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan kriteria Diploma (D3, D4), dan Sarjana Strata 1 dari program studi Ilmu Pengetahuan Alam (eksakta). Untuk ikut kompetisi, cukup registrasi melalui situs www.musicoolpromo.com.

Pemenang kompetisi akan diganjar dengan hadiah berupa dana hibah riset. Total hadiah senilai 23 juta rupiah untuk lima kelompok pemenang, serta satu juta rupiah untuk lima kelompok  favorit.

Untuk mensosialisasikan Musicool Paper Competition 2019, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I melakukan roadshow ke kampus-kampus di lima provinsi. Hingga 18 Juli, sebelas universitas di Medan sudah disambangi. Diantaranya Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Medan, Politeknik Negeri Medan, dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

“Musicool cocok menggantikan refrigerant sintetik yang tidak ramah lingkungan. Respon terhadap produk ini pun makin baik. Pada 2018, penggunaan Musicool mencapai 8,7 Metrik Ton, meningkat lebih dari 100 persen dalam kurun waktu 3 tahun,” lanjut Roby.

Di samping ramah lingkungan, Musicool juga mampu menghemat pemakaian listrik atau bahan bakar hingga 20 persen. Kelebihan Musicool disebabkan sifat fisika dan thermodinamikanya lebih baik dibandingkan dengan freon.

"Lewat kompetisi Musicool Paper Competition, kami harap dapat makin meningkatkan kesadaran produk ramah kingkungan di kalangan milenial. sekaligus menjaring karya ilmiah utk pengembangan produk ramah lingkungan ke depan," tutup Roby. (SIONG)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px