Log in

Siosar Ikon Wisata Baru di Karo

Gundala-Gundala di event wisata Festival Siosar. andalas/ist Gundala-Gundala di event wisata Festival Siosar. andalas/ist

Kabanjahe-andalas Siosar sekarang makin terkenal bahkan bisa disebut sebagai ikon wisata baru di Kabupaten Karo. Bukan saja karena kerap dikunjungi pejabat penting negeri ini, namun juga karena view (pemandangan) alamnya yang sangat indah.

Tercatat, Presiden Jokowi, sejumlah Menteri, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Sumatera Utara, pernah berkunjung ke kawasan berjuluk "Negeri di Atas Awan" itu. Dijuluki "Negeri di Atas Awan" karena Siosar posisinya berada di puncak pegunungan. Dari Kabanjahe, Ibu Kota Kabupaten Karo, Siosar hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk membantu pemulihan kehidupan masyarakat Siosar pasca-erupsi Gunung Sinabung, Boy Sembiring yang juga Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sumut periode 2019-2022, tertarik mengangkat keindahan alam Siosar menjadi potensi daya tarik wisata.

Ia menggagas “Festival Siosar” yang dikemas dalam bentuk karnaval dan atraksi budaya, Sabtu (30/11). Warga tiga desa yang mendiami Siosar seperti Bakerah, Sukameriah, dan Simacem yang sebelum bencana erupsi Sinabung mendiami kaki Gunung Sinabung, dilibatkan dalam festival tersebut.

Boy Brahmawanta Sembiring menjelaskan festival ini lebih menekankan kepada rajutan kebersamaan antar-masyarakat tiga desa yang direlokasi ke Siosar akibat erupsi Gunung Sinabung. Tujuannya agar mereka dapat kembali berkumpul dan berinteraksi. Sehingga tentunya lebih semangat menapaki hidup di lokasi yang baru, yang alamnya begitu indah.

"Kami panitia akan mengajari dan mendidik anak-anak muda milenial, belajar menari tradisi leluhur Karo. Di tengah derasnya pengaruh budaya asing yang masuk lewat teknologi informasi, kita harus peka. Kalau tidak merawat dan menjaga warisan budaya kita, bisa-bisa suatu saat budaya leluhur karya adi luhung itu akan hilang tergerus perkembangan zaman," ucapnya.

Dengan begitu, jika suatu saat ada event-event wisata berbasis budaya yang membutuhkan penyanyi dan penari, tidak perlu memanggil orang luar.

Melalui gelaran festival ini juga ingin membawa masyarakat Siosar bergembira dan melupakan masa lalu yang pahit akibat erupsi Gunung Sinabung. Sebab bukan hal mudah melupakan masa lalu ketika mereka hidup damai di kaki Gunung Sinabung sebelum bencana dahsyat erupsi terjadi.

“Nah, ini yang menjadi pemikiran kita, agar masyarakat bangkit kembali dengan semangat membangun desa. Semangat membangun masa depannya di daerah yang indah yang patut disyukuri,” ucapnya sembari mengaku gelaran event wisata itu berkat dukungan Ikatan Alumni ITB Sumatera Utara.

Semoga seluruh niat baik ini menjadi awal kebangkitan Siosar dan menjadikan Siosar destinasi desa wisata dan budaya, harap Boy.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengapresiasi penyelenggaraan Festival Siosar. Bupati juga memuji panitia yang kreatif dan inovatif menggali budaya Karo. Hal ini diakuinya saat dirinya diarak masyarakat Desa Bakerah, Simacem, dan Sukameriah berjalan kaki, mengitari kawasan tiga desa di Siosar.

"Walaupun merasakan letih dan capek, tapi ini sungguh indah dalam merajut kebersamaan," ujar Bupati.

"Lebih menarik lagi, karnaval ini secara pasti sudah menjadi bagian promosi objek wisata, dan menjadi ikon pengembangan pariwisata. Di lain sisi masyarakat butuh hiburan, bernuansa budaya Karo," sambung Terkelin.

Menurut Terkelin Brahmana, Siosar sering dijuluki “Kepingan Surga di Atas Awan” oleh tamu-tamu penting Pemkab Karo yang mengunjungi Siosar.

"Mereka takjub dengan keindahan alam di sini. Ditambah lagi dengan keramahan masyarakatnya yang menjunjung tinggi adat dan budaya Karo, menjadi daya tarik tersendiri kalau Siosar memang layak menjadi desa wisata," jelas Bupati.

Sebelumnya telah dilaksanakan penanaman bunga Taman Pelangi Siosar yang dihadiri Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Ikatan Alumni ITB Sumut, Moderamen GBKP, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Rumah Runggu, dan Kelompok Sadar Wisata Siosar. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px