Log in

Mahasiswa ITS Ini Selesaikan Skripsi 3.045 Halaman dalam 3 Minggu


Muharom Gani Irwanda, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, menyelesaikan skripsinya setebal 3.045 halaman dalam waktu 3 minggu. Skripsi 3.000-an halaman ini pun langsung viral di media sosial. Banyak yang tercengang, bagaimana bisa Gani mengerjakan skripsi setebal itu?

Dikutip dari rilis resmi ITS, Gani berbagi cerita tentang skripsinya yang berjudul "Penjadwalan Waktu Pelaksanaan dan Rencana Anggaran Biaya Pelaksanaan Proyek Pembangunan Denver Apartment, Kompleks Citraland CBD-Kota Surabaya".

Skripsi dengan tebal 3.045 halaman itu terdiri dari 152 halaman bab 1-3, 2.740 halaman bab 4, dan 152 halaman untuk lampiran. Ia menyelesaikan skripsi ribuan halaman itu dalam waktu tiga minggu saja, setelah selesai magang dari salah satu perusahaan BUMN.

"Lalu, setelah (magang) itu baru benar-benar mengerjakan lagi tanggal 29 Juni sampai 5 Juli lalu," demikian keterangan Gani, seperti tertuang dalam rilis ITS, Jumat (19/7). Gani mengisahkan, awalnya, ia mengusulkan kepada dosen pembimbingnya Ir Sukobar M.T, Gani ingin menyelesaikan TA untuk gedung 37 lantai. Namun, menurut dosennya, Gani akan menghadapi kesulitan dalam pengerjaannya.

Akhirnya, Gani mengerjakan metode konstruksi untuk gedung 11 lantai yang masing-masing dirincikan hitungannya. "Saya merasa tertantang, karena tidak bisa mengerjakan 37 lantai, saya harus bisa mengerjakan 11 lantai dengan baik," ujar Gani.

Dalam skripsinya, ia membahas 11 perhitungan volume, kapasitas produksi dan tenaga kerja, jumlah alat, durasi hingga estimasi harga yang berbeda. Dalam proses pengerjaan skripsinya, Gani hanya tidur selama 2 jam per hari dan menghabiskan waktunya untuk mengetik selama 15 jam.

Proses penggarapan skripsi langsung dikerjakan oleh Gani menggunakan software Microsoft Excel. Saking menikmati proses ini, Gani tidak sadar bahwa skripsi yang ditulisnya mencapai lebih dari 3.000 halaman.

"Saya pikir hanya dikisaran seribu, ternyata sampai tiga ribuan," kata dia. Di kampus, Gani juga dikenal sebagai mahasiswa yang sering menang lomba. Salah satunya menjadi Juara 1 Indonesian Civil and Environmental Festival (ICEF) IPB. Itu merupakan lomba desain kota berbasis lingkungan dan berwawasan nusantara.

"Iya alhamdulillah sering juga," kata mahasiswa yang akrab disapa Gani di Kampus ITS Manyar Surabaya, Jumat (19/7). Ia mengaku suka mengikuti ajang perlombaan. Terutama di bidang desain tata ruang kota hingga lomba rancang bangun.

Gani juga pernah menjadi Juara 1 Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI). Yakni perlombaan tertinggi di bidang teknik sipil yang diselenggarakan Kementerian Ristekdikti.
Selain itu, Gani sempat menjadi Winner of Quake Resistant Building Category yang digelar oleh NCREE Taiwan. Tak hanya itu, Gani juga aktif mengikuti perlombaan Karya Tulis Ilmiah (KTI), Di KTI, Gani menuliskan gagasannya terkait rancang bangun. Saat ditanya dirinya pernah memenangkan lomba apa, Gani mengaku tidak ingat karena banyak sekali. "Kalau lombanya agak banyak sih," pungkasnya.(KPC/DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px