Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Terkelin Brahmana dan Opini WTP

Terkelin Brahmana SH MH Terkelin Brahmana SH MH

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo untuk pertama kalinya berhasil meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sumatera Utara untuk pelaporan penggunaan anggaran TA 2019. Hal ini ditandai dengan penyerahan berkas hasil pemeriksaan kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan oleh Ketua BPK Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan, kemarin.

Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan SE MM Ak CA CSFA, dalam sambutannya mengatakan, dalam catatan sejarah baru kali ini Pemerintah Kabupaten Karo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), tentu ini berdasarkan mekanisme dan bukti hasil pemeriksaan diperoleh Tim BPK RI.

“Hal ini menunjukkan komitmen Bupati Karo beserta jajaran OPD-nya terhadap peningkatan kualitas laporan keuangan serta peran DPRD Kabupaten Karo yang terus mendorong perbaikan tata kelola keuangan yang baik sesuai kewenangannya,"kata Eydu.

Keberhasilan Pemkab Karo mendapatkan predikat opini WTP tersebut bisa disebut nyaris mirip dengan keberhasilan Liverpool meraih gelar juara Premier League Inggris setelah 30 tahun menunggu. Bedanya, Pemkab Karo berhasil mendapatkan untuk pertama kali sepanjang sejarah keberadaannya sebagai sebuah institusi pemerintahan.

Dengan keberhasilan meraih opini WTP ini, suka atau tidak suka, harus diakui merupakan catatan spektakuler yang ditorehkan Bupati Karo Terkelin Brahmana. Sejarah akan mencatat namanya dengan tinta emas sebagai satu-satunya bupati yang mampu menerobos kebuntuan sekaligus meruntuhkan mitos, bahwa Pemkab Karo kurang piawai memenej keuangan pemerintahan, sehingga tidak pernah memperoleh opini WTP.

Tentunya keberhasilan Bupati Terkelin Brahmana dan jajaran Pemkab Karo mendapatkan opini WTP ini, tidaklah diperoleh dengan mudah. Dapat dipastikan bupati dan jajarannya telah bekerja ekstra keras demi memperoleh penilaian, yang selama ini dijadikan sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan kepala daerah dalam mengelola keuangan dan memimpin jalannya pemerintahan.

Atas dasar itu pula, kini tidak ada lagi alasan bagi pihak manapun untuk memberikan penilaian negatif terhadap Pemerintahan Karo. Keberhasilan menorehkan sejarah meraih WTP untuk pertama kalinya merupakan fakta yang tidak bisa terbantahkan, bahwa Bupati Terkelin dan jajarannya telah bekerja sangat serius dalam memajukan serta mengangkat harkat dan martabat Pemkab Karo.

Siapa pun yang memiliki akal sehat, suka atau tidak suka, harus memberikan apresiasi, bahkan acungan jempol kepada Bupati Terkelin Brahmana, yang telah mampu menghapus imej kurang baik selama ini, selalu gagal mendapatkan WTP. Selanjutnya, keberhasilan ini juga telah membuat Pemkab Karo sejajar dengan Pemkab/Pemko lainnya di Sumatera Utara, yang mampu mengelola keuangan pemerintahan dengan baik sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku.

Di sisi lain, keberhasilan Pemkab Karo mendapatkan opini WTP ini harus diakui pula tidak bisa dilepaskan dari sentuhan tangan dingin Terkelin Brahmana, seperti halnya Jurgen Klopp di Liverpool. Suami Sariati Sitompul ini memang dikenal sebagai figur pemimpin yang humble, sederhana, jujur dan terlihat sangat tulus ingin berbuat yang terbaik demi kemajuan Bumi Turang.

Dan, kita meyakini komitmen serta keseriusan Terkelin Brahmana untuk memberikan pengabdian terbaik bagi Taneh Karo Simalem itu, sama sekali tidak didasari oleh keinginan politis (vested interested) pribadi, supaya kembali dipilih rakyat pada Pemilukada Karo Desember 2020 mendatang.

Tetapi, terdapat sebuah pemeo di dunia olahraga, dont change the winning team. Artinya, Terkelin Brahmana sudah memberi bukti dan ketulusannya dalam mendarmabaktikan diri bagi kemajuan Kabupaten Karo, salah satunya ditandai dengan keberhasilan meraih WTP untuk pertama kali. Sangat naif dan aneh rasanya, jika Terkelin dan timnya, tidak diberikan kesempatan untuk kembali memimpin Taneh Karo. Mejuah-juah banta kerina.(Agus Salim Ujung)

Berita lain dari kategori ini : « Congratulations The Reds ...!

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C