Log in

Tol Medan-Berastagi Harus Terus Diperjuangkan


Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menghadiri Konsultasi Regional (Konreg) untuk mensinergikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, di Hotel Adimulya, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (13/8).   

Dalam acara yang dibuka Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro tersebut, terungkap bahwa, lima tahun ke depan pemerintah pusat akan fokus dalam  pembangunan Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo) sesuai komitmen Peraturan Presiden (Perpres) No 62 tahun 2011.

Bupati Terlin Brahmana kepada wartawan mengatakan di sela pertemuan itu, konsep Mebidangro diharapkan menjadi salah satu solusi dalam pengembangan Sumut dalam segala bidang, termasuk Tol Medan–Berastagi nanti. "Diharapkan dalam perencanaan LRT Mebidangro mampu menjawab konsep pembangunan berkelanjutan termasuk pentingnya merealisasikan tol/peningkatan jalan Letjen Djamin Ginting Medan–Kabupaten Karo".

Tentunya dalam mewujudkan hal tersebut, butuh proses yang sangat panjang dan melelahkan. Diperlukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas antar jenjang lintas pemerintahan daerah termasuk Pemerintah Pusat. “Pemkab Karo tidak akan pernah bosan-bosannya walaupun banyak rintangan, akan terus kita perjuangkan,”tegas Terkelin.   

Kita sependapat sepenuhnya dengan kebulatan tekad yang disampaikan Bupati Terkelin Berahmana, bahwa rencana dan realisasi pembangunan jalan tol Medan-Berastagi harus tetap diperjuangkan. Dan, kita juga sudah menyaksikan sendiri, betapa keras dan seriusnya Bupati Terkelin Berahmana bersama pihak berkompeten lainnya, bolak-balik ke Medan dan Jakarta, demi memperjuangkan pembangunan jalan tol tersebut.

Karenanya, sama sekali tidak tepat dan kurang beralasan, jika terdapat segelintir orang yang menyatakan Bupati Terkelin Berahmana telah gagal dalam memperjuangkan pembangunan infrastruktur yang sangat penting dan strategis itu. Sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya, Terkelin sudah berbuat maksimal. Namun, keputusan akhir tetap berada di tangan pemerintahan pusat.

Dalam hal ini, kita juga merasa perlu mengingatkan, kiranya rencana dan usulan pembangunan jalan tol Medan-Berastagi ini, tidak dijadikan sebagai bahan 'gorengan' atau komoditas politik, menjelang perhelatan Pilkada Tanah Karo 2020 nanti.Terkait dengan belum terealisasinya pembangunan jalan tol ini, tidaklah bisa disimpulkan sebagai kegagalan Bupati Terkelin Berahmana.

Sebab jika dicermati dari kegigihan Terkelin dalam melobi sejumlah kalangan, seperti DPRD Sumatera Utara (Komisi D) serta pihak-pihak terkait lainnya, demi menyukseskan pembangunan jalan tol tersebut, bisa disebut apa yang telah dilakukan Bupati Karo bersama timnya sudah lebih dari cukup dan tidak sepatutnya, beban kesalahan ditimpakan kepadanya.   

Patut diingat dan ditegaskan kembali, persoalan penting dan mendesaknya pembangunan jalan tol Medan-Berastagi, sesungguhnya bukan hanya menjadi kebutuhan masyarakat Karo saja, melainkan juga menjadi kebutuhan masyarakat Dairi, Pakpak Bharat, bahkan juga masyarakat Subulussalam Aceh Selatan, yang hampir selalu melintasi Tanah Karo, saat hendak bepergian ke Medan.   

Lebih dari itu, mayoritas masyarakat Sumatera Utara juga kerap bepergian ke lokasi wisata di Tanah Karo dan sudah sering merasakan betapa menyedihkannya keadaan yang mesti dihadapi, jika kemacetan sudah terjadi di sekitaran Sembahe dan Sibolangit. Karenanya, kebutuhan terhadap pembangunan jalan tol Medan-Berastagi merupakan kebutuhan kita bersama sebagai sesama warga Sumatera Utara.    

Untuk itu, seluruh potensi yang ada di daerah ini, seharusnya turut bersatu dan sama-sama berjuang untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur yang sangat didambakan masyarakat Sumatera Utara tersebut. Horas, mejuah-juah. Njuah-juah banta karina.(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px