Log in

Benarkah yang Pernah Selingkuh akan Kembali Ulangi Perbuatannya?


Perselingkuhan adalah pil pahit dalam sebuah hubungan. Baik itu pasangan yang masih pacaran maupun sudah menikah. Banyak pasangan yang memutuskan untuk berpisah karena salah satu pihak selingkuh. Tapi ada pula yang memilih bertahan dan memberikan kesempatan kedua bagi pasangannya.

Akan tetapi, apakah bisa dijamin seseorang yang pernah selingkuh tidak akan mengulangi tindakannya di kemudian hari? Bahkan ada ungkapan yang menyatakan 'Sekali berselingkuh akan tetap selingkuh'.

Peneliti dari University of Denver mencoba menjelaskan hal tersebut. Mereka melibatkan 484 orang peserta penelitian dimana 68 persen di antaranya adalah perempuan. Peserta penelitian diminta menjawab pertanyaan tentang beberapa hubungan romantis yang pernah mereka jalani.

Hasilnya sebanyak 44 persen melaporkan pernah bercinta dengan orang lain di luar hubungan yang sedang dirajut. Sementara 30 persen mengatakan mengetahui jika pasangannya tidak setia.

Tim peneliti juga menemukan mereka yang mengaku pernah berselingkuh memiliki kemungkinan lebih dari tiga kali lipat untuk berselingkuh lagi di hubungan lain. Selain itu, orangorang yang mengetahui pasangannya pernah berselingkuh sebelum menjalani hubungan dengan mereka mendapati peristiwa yang sama dimana pasangan kembali tidak setia. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior ini juga didukung oleh penelitian pada 2016 yanh mengungkapkan hal senada.

Meski begitu, masih ada peluang bagi orang-orang yang pernah berselingkuh untuk berubah. Oleh karenanya, Anda tidak perlu khawatir untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang pernah memiliki masalah ketidak setiaan. Namun memang ada hal-hal yang perlu diwaspadai.

Menurut psikolog klinis Frank Dattilio, Ph.D., guna mencegah terjadinya perselingkuhan, calon pasangan harus mendiskusikan tentang hal tersebut. Jika ada salah satu pihak yang menolak untuk membicarakan hal tentang selingkuh, maka sebaiknya hubungan tidak ditingkatkan.

Sebaliknya, jika diskusi berjalan dengan baik, maka ada harapan hubungan akan berlangsung baik pula. Demikian seperti yang dilansir dari Pulse, Jumat (10/5/2019).

Belum Move On
Memiliki pacar baru setelah putus dengan mantan pacar adalah suatu hal yang membahagiakan. Kita dapat memulai kisah cinta yang baru dan menjauhkan kita dari kenangan masa lalu bersama mantan pacar.

Namun bagaimana jika pacar kita yang baru ini ternyata malah belum bisa move on dari mantan pacarnya. Parahnya lagi, ternyata mereka menjadikan kita hanya untuk pelarian agar tidak terlalu sakit hati.

Sebelum terlalu jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah pacar kita sudah bisa move on atau masih merindukan mantan kekasihnya itu. Dilansir dari Times of India, Kamis (9/5/2019), jika pacarmu melakukan 7 hal ini, berarti mereka masih merindukan
mantan pacarnya.

1. Foto-foto dan hadiah
Pacar Anda masih memiliki foto-foto mantannya di telfonnya dan masih melekat pada hal-hal yang dihadiahkan padanya ketika mereka masih menjalin hubungan. Jika Anda memiliki firasat bahwa dia menganggap hadiah ini sebagai miliknya yang berharga, Anda harus membicarakan secara terus terang mengenai hal ini.

2. Selalu membandingkan
Apakah pasangan Anda sering menyebutkan nama mantan pacarnya atau sering merujuk pada kehidupan masa lalunya? Apakah dia membandingkan kebiasaan Anda, selera mode kepribadian atau apapun dengan mantan pacar mereka secara terus-menerus? Tidak apa-apa untuk berbicara tentang mantan pacar Anda sesekali dan berbagi hal-hal tentang masa lalu mereka. Namun, itu adalah bendera merah untuk hubungan Anda jika berbicara tentang mantan pacar telah menjadi rutinitasnya.

3. Pergi ke tempat yang sama dengan mantannya
Ini adalah pertanda negatif untuk hubungan Anda jika pacar Anda lebih memilih pergi berkencan ke tempat yang sama dengan tampat yang di kunjungi dengan mantan pacarnya. Ini menunjukkan bahwa dia berusaha mengikuti pola yang sama dan menghidupkan kembali kenangan bersama mantannya.

4. Berteman dengan sang mantan
Tidak apa-apa untuk berteman dengan mantan pacar ketika Anda telah move on dari masa lalu dan bahkan tidak ada sedikitpun perasaan romantis yang tersisa. Tetapi jika pacar Anda mencari cara untuk tetap berhubungan dengan mantan pacarnya, itu mungkin menunjukkan dia mencari sesuatu yang lebih dari persahabatan dengan mantan pacarnya.

5. Tetap ingin terlibat dengan keluarga sang mantan
Tidak apa-apa untuk bersikap ramah dan sopan dengan anggota keluarga dari mantan pacar Anda, tetapi setelah putus, tetap menjadi bagian dari pertemuan dari keluarga sang mantan ini agak tidak biasa. Ini menunjukkan bahwa Anda masih terikat pada keluarga atau bertujuan untuk terlibat aktif dalam kehidupan mereka karena alasan tertentu.

6. Membuat upaya agar tetap berhubungan
Apakah Anda melihat pacar Anda terlalu sering mengomentari postingan di media sosialnya? Atau dia membuat upaya khusus untuk tetap berhubungan dengan teman bersama mereka dan ingin tahu apa yang terjadi dalam kehidupan cintanya. Yah, kita pasti tahu apa yang diinginkan dari pacar Anda itu.

7. Mengubah topik saat membicarakan mantannya
Saat Anda membicarakan tentang hal ini dan menyampaikan kekhawatiran Anda, pasangan Anda mungkin mencoba mengubah topik pembicaraan atau mencoba menghentikannya. Jika dia tidak mau membuka topik ini dan membahas masalah dengan Anda, anggap ini sebagai rintangan untuk hubungan yang sukses.(OK)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px