Log in

Novita Angie Rayakan Natal dan Idul Fitri Sejak Kecil


Perbedaan agama tak selamanya menuai perdebatan. Beberapa artis Ibu Kota bahkan ada yang sanggup hidup bersama dalam bahtera rumah tangga meski memiliki perbedaan agama. Salah satunya ialah pasangan suami istri Novita Angie dan Sapto Haryo Rajasa. Pasangan yang menikah pada 29 Juni 2001 ini kini diketahui siap menyambut ulang tahun pernikahan mereka yang ke-18.

Bersama selama hampir 18 tahun dengan perbedaan agama, justru membuat rasa toleransi di antara mereka semakin besar. Bahkan Novita Angie diketahui selalu setia menemani sang suami sahur hingga saat ini. Wanita 43 tahun ini sempat mengungkap bahwa hidup dengan perbedaan agama memang sudah dialaminya sejak kecil. Ia pun mengaku selalu merayakan dua momen hari raya, yakni Natal dan Idul Fitri.

"Saya lahir dari ayah orang Jawa (dan ada darah Padangnya juga) yang beragama muslim dan ibu orang Manado yang beragama Katolik. Dari kecil saya sudah terbiasa merayakan dua hari raya Natal dan Idul Fitri," ungkap Novita Angie.

Ketika harus menikah dengan Sapto Haryo Rajasa pada 2001 silam, ia pun nampak tak menjadikan agama sebagai sebuah persoalan besar. Sebab, sejak zaman sekolah ia selalu dibekali dengan dasar-dasar toleransi.

Sejak dini wanita 43 tahun ini mengaku telah menjelaskan kepada Jeremy dan Jemima mengenai arti berpuasa. Hingga akhirnya mereka memahami dan belajar untuk menghargai orang yang berpuasa.

"Saya memang menginformasikan dan memperkenalkan puasa ke anak sejak dini," tukasnya.

"Di saat saya besar dan menikah dengan seorang pria Jawa beragama muslim, saya semakin memaknai bahwa perbedaan itu indah dan pentingnya saling menghargai segala perbedaan yang ada," ujarnya.

"Jadi kembali ingat sama pelajaran zaman sekolah dulu yang mengajarkan kita tentang toleransi dan keberagaman," tutup Novita Angie.

Terbiasa Ikut Istri Puasa Sementara itu, bulan Ramadan menghadirkan ujian tersendiri bagi Rio Febrian dan Sabria Kono. Sebab tak seperti pasangan pada umumnya, mereka harus melewati Ramadan dengan sikap toleransi tinggi lantaran beda keyakinan.

Namun pada kenyataannya, Rio Febrian sama sekali tidak kesulitan selama Ramadan. Dia bahkan tidak menemukan keanehan dari perbedaan budaya keduanya.

“Sebenarnya sih enggak ada yang aneh,” kata Rio Febrian di Jakarta beberapa waktu lalu. Diakui Rio Febrian, dia memang sudah mematangkan rencana menikahi Sabria Kono sejak lama. Oleh karenanya, Rio Febrian pun sudah mulai beradaptasi dengan apa yang diajarkan keyakinan sang istri sejak masih pacaran.

“Dulu kan gue pacaran empat tahun. Empat tahun itu ngenal dia, puasa, Lebaran, ikut juga ke acara keluarganya,” terangnya.

Terbukti, Rio Febrian dan Sabria Kono bisa melewati bulan Ramadan hampir tanpa kendala. Rio Febrian bahkan dengan senang hati ikut berpuasa sesekali untuk menghormati istrinya. “Gue puasa sekali-sekali. Sahur temanin, gue enggak makan tapi temanin. Buka puasa juga temanin,” kisah Rio Febrian.(BS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px