Log in

Studi: Nonton Bola Sama Sehatnya dengan Berolahraga Selama 90 Menit


Nonton pertandingan sepak bola ternyata baik untuk kesehatanmu. Peneliti dari University of Leed baru saja menemukan bahwa nonton sepak bola sama sehatnya berolahraga selama 90 menit.

Peneliti menganalisa 25 penggemar tim sepak bola kota selama tiga pertandingan kejuaraan. Mereka menemukan detak jantung para pendukung meningkat sekitar 64 persen dengan denyut 130 per menit.

Ilmuwan menyebut latihan ini setara dengan berjalan cepat selama satu setengah jam atau 90 menit. Menyaksikan tim mereka menang juga mengurangi tekanan darah para penggemar dan memberi mereka dorongan psikologis selama beberapa hari.

“Jelas para penggemar sangat menyukai permainannya, ditandai dengan detak jantung meningkat selama pertandingan. Gol untuk tim juga menyebabkan peningkatan denyut jantung sebanyak 20 bpm,” kata penulis utama Dr Andrea Utley, demikian dilansir dari Daily Mail.

Pada akhirnya, mendukung tim sepak bola memberi fans latihan kardiovaskular dan akan meningkat tergantung dari hasil pertandingan. Penggemar yang timnya menang akan mengalami penurunan tekanan darah sementara yang kalah mengalami hipertensi sesaat.

Ketika sampai pada emosi para penggemar, menonton kemenangan tim mereka menghasilkan rasa kepuasan yang tinggi dan bagi sebagian orang akan berlangsung sepanjang hari. Sementara itu, pemikiran karena tidak mengetahui hasil pertandingan diperkirakan akan ‘membangkitkan’ fans untuk mengalami tingkat stres yang baik.

Namun, ketika klub sepak bola mereka kalah, mood fans akan menjadi rendah. Salah satu fans mengatakan menonton timnya kalah membuat mereka stres dan lainnya mengatakan itu akan menghantui mereka sampai keesokan harinya. “Ada stres yang baik dan ada stres yang buruk dan ada tingkat gairah yang sebenarnya baik untuk Anda dan tingkat gairah yang membawa Anda melewati batas,” pungkas Dr Andrea.(POL/DC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px