Log in

Wali Kota Ajak Masyarakat Akhiri Perbedaan di Pemilu 2019

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bersalaman dengan Gubsu Edy Rahmayadi usai melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 H. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bersalaman dengan Gubsu Edy Rahmayadi usai melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 H.

Shalat Ied di Lapangan Merdeka Medan

Medan-andalas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama ribuan masyarakat melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 H di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (5/6) pagi. Gubsu Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajeckshah juga ikut melaksanakan Shalat Ied dengan penuh khusyuk dan khidmat tersebut.

Bertindak sebagai khatib Dr H Ardiansyah Lc MA dan qori nasional H Mad Kasad Lubis SPdI bertindak sebagai imam. Saat melaksanakan Shalat Ied, Wali Kota berada di shaf terdepan diapit Wagubsu Musa Rajekshah dan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis.

Usai shalat, Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi dan Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengatakan, pelaksanaan Shalat Ied menjadi puncak ibadah sekaligus kebahagiaan setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan.

Sekaitan dengan itulah Wali Kota berharap, hendaknya keimanan dan ketaqwaan senantiasa tetap terjaga dan terus ditingkatkan meskipun bulan Ramadan telah berlalu.

"Alhamdulillah, hari ini kita diberi Allah SWT kesempatan untuk dapat melaksanakan Shalat Idul Fitri bersama. Hal ini menjadi wujud syukur bagi kita semua karena telah berhasil menahan hawa nafsu sebulan lamanya. Selain itu, Idul Fitri juga kiranya dapat kiota jadikan sebagai momentum untuk ber-muhasabah (evaluasi diri) agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi," kata Wali Kota.

Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengakhiri segala perbedaan dan perselisihan yang terjadi terlebih usai Pemilu 2019 lalu. Hari Raya Idul Fitri, katanya, dapat dijadikan  momentum yang tepat untuk kembali merajut silaturahmi. Dengan demikian, kerukunan dan kedamaian dapat tercipta dan dirasakan secara utuh bagi siapapun.

"Mari kita sudahi segala perbedaan dan perselisihan yang ada. Sekarang adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk saling bermaaf-maafan dan membuang jauh keegoisan dalam diri. Hal tersebut demi terciptanya suasana yang nyaman dan damai di Kota Medan yang kita cintai ini," ajaknya.

Sebelumnya, Al Ustadz DR H Andriansyah Lc MA menyampaikan khutbah berjudul, "Silaturahmi Membina Persatuan". Dikatakan Andriansyah, keragamanan dan perbedaan adalah sebuah keniscyaan yang dikehendaki Allah SWT untuk seluruh makhluk, termasuk manusia.

"Seiring lantunan takbir yang menggema, mari kita menempa hati, mensucikan jiwa serta mengasah diri dan nalar kita untuk terhindar dari segala bentuk permusuhan. Islam adalah agama yang Rahmatan Lil Alamin. Agama yang mengajarkan kita untuk tidak saling membenci dan bermusuhan," ujarnya.

Sekretaris Umum MUI Sumut tersebut juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Idul Fitri sebagai momentum membangun Kota Medan menjadi Medan Rumah Kita seutuhnya. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan merajut silaturahmi, merawat persatuan serta rasa persaudaraan yang kokoh dan menumbuhkan rasa kasih sayang antar sesama umat.

Sebelum meninggalkan lokasi, Wali Kota tampak menyapa dan bersilaturahmi dengan para warga. Pelaksanaan shalat Idul Fitri yang dimulai Pukul 07.30 WIB tersebut juga turut dihadiri sejumlah unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan. (BEN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px