Log in

Kades Terdakwa Pencurian Kambing Merasa Dizolimi

Tiga terdakwa pencurian kambing menjalani persidangan, Rabu (14/ 8). Tiga terdakwa pencurian kambing menjalani persidangan, Rabu (14/ 8).

Belawan-andalas Terdakwa Kepala Desa (Kades) Sei Baharu Kecamatan Hamparan Perak, merasa dijolimi karena tuduhan mencuri kambing milik Mulkan Efendi.

Perasaan itu diungkapkan Kepala Desa Sei Baharu, Suriyaman (56) sesaat sebelum sidang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Pakam Cabang Labuhan Deli, Rabu (14/8).

Menurut dia, kasus pencurian sembilan ekor kambing Mulkan Efendi tidak benar. "Sebab, tidak mungkin saya ikut mencuri kambing sebagai pejabat Kades," kata Suriyaman kepada andalas.

Saat sidang digelar dengan agenda pemeriksaan saksi Kepala Dusun 5 Desa Sei Baharu, Abdul Wahab mengatakan, tidak benar Kades Sei Baharu Suriyaman melakukan pencurian 9 ekor kambing seperti yang dituduhkan Mulkan Efendi.

Hanya saja, kejadian itu benar terjadi. Namun, sepengetahuannya Suriyaman tidak ikut melakukan pencurian 9 kambing tersebut ataupun menyuruhnya.

Kesaksian itu disampaikan di hadapan Majelis Hakim PN Lubuk Pakam Cabang Labuhan Deli  Megawati, SH, Halimatuksakdiah, SH dan Rahmadini, SH saat ditanyai Jaksa Penuntut Umum (JPU) Cabjari Labuhan Deli Rahmaniar Tarigan, SH.

Menurut JPU, ada empat terdakwa yang terlibat dalam pencurian kambing itu, yakni Zulkarnaen alias Ijul (17), sudah divonis dan Asnan alias Inan (50), Jumadi Salat alias Madi (30) serta Suriyaman.

"Keempat terdakwa dipersalahkan melanggar Kasus 363 KUHPidana," sebut Rahmaniar Tarigan.

Sementara, Penasihat Hukum (PH) keempat terdakwa, Dedi, SH mengatakan, keterangan saksi Abdul Wahab menyebutkan Suriyaman tidak terlibat dalam pencurian 9 ekor kambing seperti yang tertera di berita acara pemeriksaan (BAP) Polsek Hamparan perak.

"Kesaksian Abdul Wahab di persidangan menjadi bahan untuk melaporkan ke Propam, Kapolsek Hamparan Perak," kata Dedi. (DP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px