Log in

Sengketa Lahan di Jalan Timor Diajukan PK

Proses persidangan PK sengketa lahan Jalan Timor, Senin (12/8). Proses persidangan PK sengketa lahan Jalan Timor, Senin (12/8).

Medan-andalas Tim Advokat PBHI Sumut mengajukan peninjauan kembali (PK) terhadap putusan Pengadilan Negeri (PN) Medan mengenai sengketa tanah milik Yayasan IMKA yang berlokasi di Jalan Timor No 32, Kelurahan Gaharu, Kecamatan Medan Timur.

Permintaan PK itu disampaikan Joice Novelin Ranapida SH, saat persidangan menghadirkan tiga saksi di Pengadilan Negeri Medan, Senin (12/8).

Menurut Joice, putusan bersalah terhadap kliennya Bismelly Sembiring, Bastian Lunerta Colia, dan Bontor Hutahuruk, mengenai tindak pidana pemakaian tanah oleh Pengadilan Negeri Medan, adalah kekhilafan dan kekeliruan.

Sebab, terdakwa telah lebih dulu tinggal pada tahun 1960-an hingga 1970 diberi izin menempati dari Yayasan IMKA.

"Sehingga, kami harus mengajukan peninjauan kembali (PK) terhadap putusan PN Medan yang keliru tersebut," sebut Joice Novelin.

Diketahui, sengketa bermula dari tanah seluas 3.500 meter milik Yayasan Ikatan Masehi Kepemudaan Am (IMKA) dibeli Ir Ashari (pelapor) dengan harga miring dari Sustra Efendi Damanik seharga Rp400 juta. Padahal, harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di Jalan Timor permeternya Rp20 juta.

Namun, Ir Ashari melaporkan ketiga terdakwa dengan tudingan memakai tanah tanpa izin yang berhak. Para terdakwa sudah menempati lahan itu pada tahun 1960-an dan 1970.

Dalam persidangan, seorang saksi, Hendrik Napitupulu mengungkapkan tanah milik Yayasan IMKA juga pernah menjadi rumah Okupasi Militer pada tahun 1958.

"Dulunya, itu tentara dan warga sipil di situ tinggalnya," jelas Hendrik.

Saksi lain, Binsar Jonathan Panggabean menambahkan, orang kejaksaan pernah datang ke lahan tanah tersebut sembari berkata mengatakan, tanah ini sudah dieksekusi dan bisa dikuasai.

Sementara, Ketua Majelis Hakim, Morgan Simanjutak, menyatakan, akan melanjutkan persidangan pada pekan depan dengan agenda kesimpulan. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px