Log in

Jonatan, Fajar/Rian Gagal


Kevin/Marcus ke Semi Final

Jakarta-andalas Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, mewaspadai keunggulan postur pasangan China, Li Jun Hui/Liu Yu CHen, di semifinal Indonesia Open 2019, Sabtu (20/7).

Kevin/Marcus melaju ke semifinal usai mengalahkan pasangan China, Ou Xuan Yi/Zhang Nan, dengan skor 21-12 dan 21-16. Sedangkan Li/Liu menumbangkan kompatriot He Ji Ting/Tan Qiang dengan skor 21-17 dan 21-12.

Rekor pertemuan Kevin/Marcus atas Li/Liu cukup baik. Dari 10 laga, mereka mencatat delapan kali menang dan hanya dua kali menelan kekalahan.

"Di lapangan mulai dari nol-nol. Pertemuan kami dengan mereka selalu ramai dan permainannya tidak pernah mudah. Kami siap melakukan yang terbaik," tegas Kevin dalam konferensi usai pertandingan, Jumat (18/7).

Namun, kemenangan andalan tim Indonesia itu tidak diikuti Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka gagal melangkah ke semifinal Indonesia Open 2019 usai kalah 19-21, 12-21 dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di Istora Senayan, Jumat (19/7). Fajar/Rian sempat unggul 1-0 lebih dahulu. Tetapi Hoki/Kobayashi bisa melesat untuk berbalik unggul 3-1. Meski non-unggulan tetapi kualitas individu Hoki/Kobayashi tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain kuat dalam bertahan, Hoki/Kobayashi terutama Yugo Kobayashi memiliki smes keras yang terkadang tidak bisa diantisipasi Fajar/Rian.
Hoki/Kobayashi bisa mengakhiri laga dengan kemenangan 21-12.

Tanpa Wakil Tunggal
Indonesia tanpa wakil di semifinal tunggal putra Indonesia setelah Jonatan Christie kalah 21-16, 18-21, 14-21 dari Chou Tien Chen di Istora Senayan, Jumat (19/7).

Peraih medali emas Asian Games 2018 itu tidak membuat Tien Chen berkembang di gim pertama. Permainan apik yang disuguhkan Jonatan membuatnya menutup interval gim pertama dengan keunggulan 11-5.

Jonatan yang menempati peringkat tujuh dunia mulai kehilangan fokus usai interval kedua. Sempat unggul 16-12, Jonatan justru tertinggal 17-16 dari Tien Chen. Bola tanggung dari Jonatan di depan net bisa dipukul dengan baik oleh Tien Chen sekaligus menutup gim kedua dengan keunggulan 21-18. Jonatan sempat mendapat perawatan di pergelangan kaki kiri. Dua smes keras membuat Tien Chen menjauh 20-14. Pertandingan berakhir dengan skor 21-14 usai permainan net Tien Chen gagal dikembalikan Jonatan.

Tontowi/ Winny Kalah
Senasib dengan Jonathan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda campuran Tontowi Ahmad/ Winny Oktavina Kandow gagal melaju ke babak semifinal usai dikalahkan pasangan ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Tontowi/Winny berduel dengan Chan/Goh di babak perempat final di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (19/07). Tontowi/Winny kalah lewat pertarungan tiga gim dengan skor 21-11, 14-21, dan 21-14.

Dengan demikian, langkah Tontowi/Winny terhenti. Sayangnya mereka adalah satu-satunya ganda campuran tuan rumah yang maju ke perempat final Indonesia Open 2019.

Usai pertandingan, Tontowi mengungkap penyebab kekalahannya yang menurutnya ia dan Winny salah strategi. "Tadi pada gim pertama, strateginya kurang pas. Kami bermain lambat. Bisa dibilang kalah strategi. Adapun pada gim kedua, strateginya sudah benar dan kami bermain cepat serta menyerang. Adapun pada babak ketiga kami kalah 'licik'. Mereka bermain bagus dan lebih 'licik'. Mereka juga bermain dengan servis-servis panjang," ujar Tontowi.

Kekalahan ini membuat ganda campuran gagal mempertahankan gelar di Indonesia Open 2019. Kegagalan ini juga menyudahi dominasi ganda campuran di Indonesia Open yang hanya berlangsung selama dua tahun yakni melalui Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang jadi juara pada 2017 dan 2018.

Sementara itu, Ganda putra Indonesia yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil mendapat tiket lolos ke babak semifinal. Tiket itu didapat setelah mereka mengalahkan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di Istora, Jakarta, Jumat (19/07). Ahsan/Hendra menang lewat pertarungan tiga gim dengan skor 21-15, 9-21, dan 22-20.

Pada perempat final Indonesia Open 2019, Indonesia meloloskan tiga ganda putra. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan melawan pasangan China, Ou Xuan Yi/Zhang Nan. Kemudian, Fajar Alfian/M. Rian Andrianto bakal meladeni pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.(CNN/BN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px