Log in

Marquez Juara MotoGP San Marino


Marc Marquez menjadi juara di MotoGP San Marino 2019. Rider Repsol Honda itu bisa menjadi pemenang kendati dikepung 4 rider Yamaha hampir sepanjang race.
Dalam balapan di Sirkuit Misano, Minggu (15/9), Marquez harus start dari posisi lima.

Ia memulai perlombaan di belakang Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Pol Espargaro (KTM), Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha).

Punya start yang cukup mulus, Marquez bisa bersaing dengan Vinales dan Quartararo hingga lap ketiga. Kemudian, Marquez akhirnya bisa memaksakan duel hingga lap akhir dengan Quartararo setelah Vinales tersalip.

Marquez pun akhirnya memenangkan race di lap terakhir dan memaksa Quartararo gigit jari dengan hanya menjadi runner up. Marquez menjadi juara, di depan 4 rider Yamaha yakni Quartararo, Vinales, Valentino Rossi dan Morbidelli.

Sementara Maverick Vinales yang meraih pole memulai balapan dengan sempurna dan unggul atas Quartararo dan Franco Morbidelli. Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi ketujuh hampir bersenggolan dengan Andrea Dovizioso di tikungan-tikungan awal. Lap pertama diselesaikan Vinales dengan berada posisi terdepan, disusul Quartararo dan Marquez.

Marquez sempat kesulitan di awal start, tapi mampu naik dua posisi setelah lap pertama ke posisi tiga. Perubahan posisi terjadi di lap ketiga ketika Quartararo menyalip Vinales di tikungan sepuluh. Satu lap kemudian giliran Marquez yang menyalip Vinales di tempat yang sama. Vinales seperti kehilangan cengkeraman hanya dalam empat lap balapan.  Persaingan menarik antara Quartararo dan Marquez mulai terjadi di lap sembilan. Marquez tidak membiarkan pebalap 20 tahun itu memimpin dengan nyaman setelah hanya terpaut 0,2 detik.

Memasuki lap ke-17, Rossi akhirnya berhasil menyalip Morbidelli untuk menempati posisi keeempat. Sayang, The Doctor harus mengejar Vinales yang unggul hampir enam detik di depannya untuk bisa mendapatkan finis podium.

Untuk kali ketiga beruntun musim ini setelah di Austria dan Inggris, pemenang balapan ditentukan pada lap terakhir. Memasuki lap terakhir Marquez berhasil melewati Quartararo di jalur lurus. Quartararo kemudian berhasil menyalip di tikungan keempat. Namun, Marquez sukses melewati Quartararo di tikungan enam.

Peluang terakhir Quartararo untuk melewati Marquez adalah di tikungan ke-14, tapi El Diablo melakukan kesalahan. Marquez kemudian memenangi balapan MotoGP San Marino 2019 dengan mengalahkan Quartararo dan Vinales.

Kemenangan ini mengukuhkan posisi Marquez di peringkat pertama klasemen MotoGP 2019 dengan 275 poin, diikuti Andrea Dovizioso dengan 182 poin, usai rider Ducati itu hanya finis keenam di balapan MotoGP San Marino. (DS/CNN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px