Log in

Disdukcapil Medan Terapkan Layanan Three in One

Kepala Disdukcapil Kota Medan Zulkarnain Kepala Disdukcapil Kota Medan Zulkarnain

Waga Bisa Print Sendiri Akta Kelahiran

Medan-andalas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan tengah menerapkan pelayanan online three in one (3 dalam 1) one day service. Pelayanan ini berupa pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga, dan Kartu Identitas Anak (KIA) dengan waktu satu hari siap.

"Dengan layanan three in one masyarakat kini sudah bisa mendaftar secara online untuk penerbitan akta kelahiran dan permohonan dua dokumen lainnya yakni KIA dan kartu keluarga bisa disatukan sekaligus. Proses layanan bisa selesai satu hari," kata Kepala Disdukcapil Kota Medan Zulkarnain di Medan, kemarin.

Zulkarnain mengungkapkan, melalui layanan three in one warga yang ingin mendapat akta kelahiran anaknya yang baru lahir tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil Kota Medan. Untuk syaratnya sendiri, terdiri dari KK lama, e-KTP, surat keterangan kelahiran dari dokter atau rumah sakit dan juga fotokopi buku nikah.

"Jika persyaratan sudah lengkap, warga bisa print atau mencetak sendiri akta kelahiran dimohonkan dengan mengunakan kertas HVS warna putih biasa. Dan legalitasnya sama dengan akta yang dicetak menggunakan kertas baku. Namun jika iigin dicetak di kertas baku, warga bisa datang ke Kantor Disdukcapil Medan dan biaya cetaknya tidak dipungut biaya," tegas Zulkarnain.

Menurut Zulkarnain, pelayanan online three in one merupakan proram dibuat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Disdukcapil Kota Medan sudah menerapkannya dalam sepekan terakhir. Sejak diterapkan, warga Kota Medan cukup antusias menggunakan layanan itu.

"Aplikasi pencatatan sipil online ini disiapkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri melalui: https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id. Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas ini sehingga tidak perlu antri di Kantor Disdukcapil Kota Medan," ujarnya.

Lebih lanjut Zulkarnain mengatakan, pihaknya juga selalu melakukan monitoring dan pelaporan secara online ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI untuk melaporkan berapa dokumen administrasi kependudukan terlayani setiap harinya di Kota Medan.

"Kami (Disdukcapil Kota Medan, red) bisa menerbitkan akta kelahiran dan kartu keluarga sebanyak 1.000 sampai 1.200 setiap harinya. Jumlah ini belum termasuk dokumen administrasi kependudukan lainnya. Kalau dihitung-hitung paling tidak ada 3.000 dokumen administrasi kependudukan yang saya teken setiap hari. Dan semua dokumen yang kita terbitkan wajib dilaporkan ke Kemendagri secara online," katanya.

Dalam pengurusan setiap dokumen administrasi kependudukan, Zulkarnain mengimbau masyarakat agar bisa datang mengurusnya langsung tanpa melalui prantara guna menghindari adanya biaya-biaya yang dapat membebani masyarakat. Sebab, untuk mendapatkan beberapa dokumen administrasi kependudukan tidak dipungut biaya.

"Imbauan agar masyarakat mengurus langsung setiap administrasi kependudukannya terus kita lakukan, sehingga masyarakat terhindar dari pungutan biaya-biaya yang tidak perlu. Kebanyakan penerbitan dokumen kependudukan sama sekali tidak dipungut biaya, kecuali dokumen tertentu ada yang dikenakan retribusi sesuai Perda yang berlaku," ujar Zulkarnain. (BEN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px