Log in

PKS Tetap Optimis Usung Salman Alfarisi di Pilkada Medan

PKS saat mendeklarasikan pencalonan Salman Alfarisi dan kandidat lainnya sebagai bakal calon kepala daerah PKS saat mendeklarasikan pencalonan Salman Alfarisi dan kandidat lainnya sebagai bakal calon kepala daerah

Medan-andalas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hingga saat ini merupakan salah satu partai, yang telah secara resmi mendeklarasikan bakal calon wali kota yang akan diusung dalam perhelatan Pilkada Kota Medan.

Partai berlambang bulan sabit kembar ini tetap optimis dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mengusung H Salman Alfarisi Lc MA, seorang kader sekaligus Plt Ketua DPD PKS Kota Medan dan kini Wakil Ketua DPRD Sumut, sebagai calon Wali Kota Medan 2020-2024.

Langkah inipun diikuti Partai Demokrat. Beberapa hari yang lalu, Partai Demokrat menyatakan telah menjatuhkan pilihan kepada Akhyar Nasution. Menurut fungsionaris partai tersebut, Akhyar memiliki track record yang bagus sehingga layak untuk diusung kembali menjadi calon Wali Kota Medan.

Meskipun tersiar kabar, bahwa PKS dan Partai Demokrat tengah menjalin komunikasi yang intens. Namun PKS sepertinya belum akan menjelaskan secara gamblang tentang kesepahaman-kesepahaman yang sedang dipertimbangkan oleh kedua belah pihak.

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan PKS mengusung Akhyar Nasution, Salman menjawab Akhyar merupakan kader PDI Perjuangan dan juga sebagai salah satu kandidat bakal calon yang masih dalam proses penggodokan di internal PDIP.


Secara etika politik, PKS memandang perlu menghargai proses tersebut. "Lain soal, jika yang bersangkutan bukan kader partai tertentu, lebih mudah bagi PKS memutuskan, karena tidak ada ketersinggungan dengan partai lain," sambung Salman.

Terpisah, saat dipertanyakan mengenai pilihan Partai Demokrat yang jatuh kepada Akhyar Nasution, Ketua Bidang Humas PKS Sumut, Wasis Suseno mengatakan bahwa PKS sangat menghormati langkah-langkah yang diambil oleh Partai Demokrat tersebut.

Tentu, masing-masing partai politik yang memiliki mekanisme tersendiri dalam melakukan penjaringan bakal calon wali kota Medan yang bak diusungnya, begitu juga dengan PKS.

"Sebagai partai berbasis kader, kami juga sangat mempertimbangkan kader internal yang akan kami usung sebagai calon wali kota. Selain itu, kita juga memperhatikan fatsun-fatsun politik yang selama ini berlaku,"kata Wasis Suseno.(UJ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C