Log in

Anggota Paskibraka Langkat Siap Jalankan Tugas

ANGGOTA Paskibraka Kabupaten Langkat tampak semangat dan kompak saat foto bersama sebelum memulai latihan. ANGGOTA Paskibraka Kabupaten Langkat tampak semangat dan kompak saat foto bersama sebelum memulai latihan.

Stabat-andalas Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Langkat sudah melakukan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Pakibraka) tahun 2019. Proses seleksi sudah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu.

Dimulai dari seleksi yang dilakukan di sekolah-sekolah (SMA/SMK), baik negeri mau pun swasta se-Kabupaten Langkat.  Seleksi dan penjaringan itu diikuti 1.009 orang peserta, terdiri dari 540 putra dan 469 puteri.

Dari seleksi tingkat sekolah tersebut terjaring 375 orang, yaitu 289 putra dan 86 putri. Selanjutnya, dilakukan lagi seleksi hingga tinggal 295 orang dan diseleksi lagi hingga tinggal 60 orang.

Dari 60 orang ini (30 putra dan 30 putri), sebanyak 58 orang dipersiapkan untuk Pasukan Pengibar Bendera di tingkat Kabupaten Langkat, sedangkan yang 2 orang lagi dikirim untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kedua calon anggota Paskibraka yang dikirim ke tingkat Provinsi Sumut tersebut yakni M Farhan Annas MN dari MAS TPI Kecamatan Sawit Seberang dan Nisa Ulzannah dari SMAN 1 Stabat.

Mereka digembleng dan dilatih agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik untuk menaikkan dan menurunkan bendera merah-putih pada peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI yang akan digelar pada 17 Agustus 2019 mendatag .

Mereka bukan saja digembleng agar bisa baris-berbaris dengan baik dan memiliki fisik yang kuat dan sehat, tapi juga digembleng agar memiliki mental dan semangat yang kuat layakanya para pejuang di medan tempur.

Untuk itu, diberikan pembekalan dan pelatihan dengan diawasi ketat oleh 2 instruktur (pelatih)  utama, yaitu Sertu Suwandi dan Sertu Jhoni dari Kodim 0203 Langkat, dibantu Santoso (staf Dispora Langkat) dan para anggota PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Kabupaten Langkat.

Materi pembekalan dan pelatihan yang diberikan antara lain adalah motivasi dan semangat kepemudaan oleh Ketua DPD KNPI Langkat, pelatihan dasar-dasar PBB serta teknik dan formasi Paskibraka oleh tim pelatih, peran serta pemuda dalam pembangunan karakter banagsa yang religius oleh Kakankemenag Langkat, bela negara dan wawasan usantara oleh Dandim 0203 Langkat, peran serta pelajar dalam menjaga ketertiban masyarakat oleh Kapolres Langkat, bahaya narkoba dan penyakit seksual masyarakat oleh BNNK Langkat, dan pendidikan untuk generasi penerus bangsa oleh Kacabdis Pendidikan Sumut-Stabat. (BD)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px