Log in

Bupati Karo Apresiasi Kepedulian Pangdam I/BB

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana memberikan sejumlah tali asih kepada masyarakat di Desa Naman Teran. (andalas/ist) Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana memberikan sejumlah tali asih kepada masyarakat di Desa Naman Teran. (andalas/ist)

Kabanjahe-andalas Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/BB Mayjen TNI Mohammad Sabrar Fadhilah didampingi Ketua KCK PD I/BB Trisasanti Fadhilah dan sejumlah Asisten Kasdam I/BB, mengadakan kunjungan kerja (Kunker) ke wilayah Kabupaten Karo yang hingga sekarang masih dilanda bencana erupsi Sinabung.

Kunjungan Pangdam Kodam I/BB bersama sejumlah pejabat teras Kodam I/BB yang merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan meliputi Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau itu mendapat sambutan meriah dan antusias warga masyarakat Kabupaten Karo.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan rasa terima kasih-nya atas perhatian dan kunjungan Pangdam I/BB Mayjend TNI MS Fadilah ke Kabupaten Karo. "Kujungan ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Karo, khususnya bagi warga masyarakat Karo," ujar Terkelin saat menyambut kedatangan Pangdam I/BB di Kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Karo, Jumat (19/7).

Terkelin mengatakan kunjungan Pangdam I/BB ke Kabupaten Karo akan memperkuat tali perekat persaudaraan dan meningkatkan kondusifitas pembangunan di Kabupaten Karo, di tengah bencana Sinabung yang berkepanjangan. Kunker Pangdam di Karo selama tiga hari yakni 18-20 Juli 2019.

Hadir dalam acara ini, Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono, Dandim 0205/TK, Letkol Inf Taufik Rizal, Kapolres Tanah Karo AKBP Remus Hutajulu Sik, Kajari Karo, Gloria Sinuhaji SH, MH, Danyonif 125/Simbisa, Mayor Inf Anjuanda Pardosi, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Kalak BPBD Ir Martin Sitepu, Kepala Pos Pengamata Gunung Api Sinabung, Armen Putra, Camat Simpang Empat, Amsah Perangin Angin dan ratusan masyarakat.

Dalam sambutannya Pangdam I/BB, menyebutkan, kunjungan kerja kedinasan di Kabupaten Karo tidak lain ingin menjalin silaturahmi lebih dekat dan erat. "Hakekatnya kegiatan ini merupakan cermin dari kepedulian TNI khususnya Kodam I/BB terhadap apa yang dirasakan saudara-saudara kita dalam menghadapi musibah bencana Sinabung sejak 2010 hingga sekarang menimpa masyarakat di sekitar lingkar gunung Sinabung, atas musibah erupsi yang berkepanjangan ini, kita berdoa, semoga cepat berakhir," imbuh Fadhilah.

Wujud kepedulian itu, sambung Pangdam I/BB, diaplikasikan melalui bakti sosial yang merupakan amanah dari peran tugas TNI dalam bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang tercatat ada 14 fungsi OMSP yang bisa dilakukan oleh TNI, termasuk mengatasi aksi terorisme, mengamankan wilayah perbatasan, mengamankan objek vital, membantu tugas pemerintah daerah, membantu menanggulangi akibat bencana alam dan pemberian bantuan kemanusiaan, sampai pencarian dan pertolongan kecelakaan.

"Inilah saya sebutkan diatas, salah satunya  membantu tugas pemerintah daerah dan pemberian bantuan kemanusiaan, untuk  meringankan beban saudara saudaraku sekalian," pungkasnya.

Selanjutnya dilakukan penyerahan tali asih kepada masyarakat didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana berupa pemberian sembako kepada 448 kepala keluarga, 10 alat semprot hama kepada kelompok tani, 35 tas sekolah, 7 buah bola kaki dan bola voli.

Sejumalh agenda Pangdam I/BB di Kabupaten Karo, selain baksos dan pemberian sembako bagi warga terdampak erupsi Sinabung di Desa Namanteran, juga menyambangi masyarakat tiga desa relokasi ke Siosar. Selanjutnya, pada siaran persnya kepada wartawan menyampaikan, Pangdam juga melakukan kunjungan ke Mapolres Tanah Karo untuk menjaga soliditas dan sinergitas TNI dan Polri.

“Kunjungan ke Polres Karo, guna meningkatkan soliditas TNI dan Polri serta sinergitas diantara kedua institusi,” kata Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah yang saat itu didampingi Kapolresta Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu, Sik, Danrem 023/KS, Kolonel Inf Tri Saktiyono dan Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rijal Batu Bara SE.

Bukan cuma ke Mapolres Tanah Karo, Pangdam I/BB juga menyempatkan mengunjungi Markas Komando Batalyion Infanteria 125/Simbisa di Kabanjahe. Selanjutnya, Pangdam I/BB ke kawasan relokasi pengungsi Sinabung di Siosar yakni Desa Simacem, Desa Bekerah dan Desa Sukameriah yang sekarang masuk ke Kecamatan Tigapanah. Malamnya Pangdam ramah tamah di Taman Simalem Resort. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px