Log in

Desa Sei Lembat Gunakan DD untuk Bangun Ruko

Kades Sei Limbat Syamsul Bahri saat memantau pembangunan ruko lima pintu yang dananya bersumber dari dana desa. (andalas/Zulfikar Sitepu) Kades Sei Limbat Syamsul Bahri saat memantau pembangunan ruko lima pintu yang dananya bersumber dari dana desa. (andalas/Zulfikar Sitepu)

Langkat-andalas Dana yang dikucurkan pemerintah pusat seperti dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) telah banyak membuat perubahan di desa-desa. Salah satunya di Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat.

Kepala Desa (Kades) Sei Limbat Syamsul Bahri mengatakan, dana desa yang sudah dikucurkan pemerintah pusat tahun anggaran 2019 dipergunakan sesui hasil musyawarah desa. Di antaranya digunakan untuk membangun lening parit di Dusun V Desa Sei Limbat danpembangunan rumah toko (ruko) sebanyak lima pintu.

Lima unit ruko tersebut dibangun di areal Kantor Desa Sei Limbat di Jalan KH Dewantara, Stabor. "Saat ini pengunaan dana desa kami pergunakan membangun ruko sebanyak lima pintu. Ruko kita bangun di sebelah Kantor Desa," ujar Syamsul.

Sementara itu, sejumlah warga Desa Sei Limbat mengaku sangat senang atas pembangunan ruko lima pintu yang sumber dananya dari dana desa. Ruko tersebut akan dipergunakan untuk tempat penjualan aksesoris handphone dan alat elekronik, tempat pangkas, ruangan BUMDes, dan lainnya.

Selain itu, warga juga bersyukur atas pembangunan lening parit yang dananya juga bersumber dari dana desa. "Kami bersyukur, dulu pinggiran jalan ini tidak ada parit yang memadai, kini telah di perhatikan dan dibangun parit yang kokoh. Sekarang dibangun lagi ruko, kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Sei Limbat yang dipimpin Pak Syamsul Bahri. Perubahan di desa kami semangkin nyata," kata salah satu warga bermarga Sitepu.

Pembangunan ruko lima pintu di tanah milik desa tersebut dengan sumber dana dari desa desa tahun 2019 sebesar Rp 309.674.205. Sementara menurut keterangan yang disampaikan Ketua TPK Sei Limbat Ilyas (51)kepada andalas, sebagian ruko akan disewakan dan uang sewanya akan menjadi pendapatan Desa Sei Limbat.

"Tiga ruko berukuran 2,5 meter, yang dua pintu berukuran 2,90x12 meter. Pekerjanya sebanyak sembilan orang merupakan warga Desa Sei Limbat. Sekarang telah 85 persen pengerjaannya, sebelumnya mereka juga telah mengerjakan pembuatan lening parit cor sepanjang 210 meter di Dusun V," kata Ilyas.

Pengerjaan pembangunan ruko lima pintu tersebut langsung diawasi Ketua TPK Sei Limbat serta bersama P2HP yang diketuai oleh Suanto. "Pembangunan ini kami kerjakan sesuai prosedur dan musyawarah desa. Saya siap dikeritik demi kemajuan Desa Sei Limbat ini dan kami juga telah mengadakan musrenbang desa untuk tahun 2020, ke depanya akan saya buat gapura," kata Kades Sei Limbat Syamsul Bahri. (Zul)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px