Log in

Disdik Langkat Jadikan Sekolah Tanggap Bencana

Para peserta bimbingan teknis pendidikan cerdas berkarakter dan tanggap bencana. Para peserta bimbingan teknis pendidikan cerdas berkarakter dan tanggap bencana.

Langkat-andalas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Langkat diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMP Rudi Hendra Tarigan mengatakan, pihaknya terus berusaha menjadikan sekolah yang dibinanya menuju sekolah cerdas berkarakter dan tanggap bencana.

Rudi Hendra Tarigan menyampaikan Pemerintahan Kabupaten Langkat telah membuat beberapa regulasi untuk pelaksanaan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) diantaranya Perbup Nomor 20 Tahun 2018 tentang kurikulum muatan lokal dan ekstrakurikuler.

Penegasan itu disampaikannya pada penutupan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terintegrasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMP Negeri 5 Stabat.

"Untuk mewujudkan karakter religiusitas peserta didik, maka baca tulis Al Quran adalah ekstrakurikuler yang wajib bagi SD dan SMP sederajat," kata Rudi Tarigan di Stabat, Jumat (23/8).

Bimbingan teknis ini diikuti 25 orang peserta terdiri dari lima orang pengawas sekolah, 10 orang Kepala SMP dan 10 orang Kepala SD yang dipandu fasilitator nasional (Fasnas) Ucu Julaeha MPd. Tujuan kegiatan ini agar sekolah mengimplementasikan PPK terintegrasi SPAB sebagai upaya pengurangan risiko bencana alam dari satuan pendidikan.

Selain itu bimtek ini dipandu oleh fasilitator daerah Drs Basry Sitorus SPd MPsi yang menyajikan materi PPK terintegrasi SPAB berbasis kelas, berbasis masyarakat. Di mana PPK terintegrasi SPAB harus diintegrasikan ke kurikulum dan jadi ruh-nya pendidikan serta indikator untuk memastikan lingkungan, fasilitas pendidikan aman dari bencana.

Bukan merupakan tempat yang dapat membahayakan peserta didik, guru dan tenaga pendidikan lainnya. Ada juga fasda Langkat lainnya yaitu H Hasanuddin Batubara MPd yang menyajikan materi manajerial epemimpinan kepala sekolah serta PPK terintegrasi SPAB berbasis budaya sekolah. (ANT)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px