Log in

DPRDSU Mitra Positif Bermanfaat Percepat Pembangunan Langkat

  Tim Kunker DPRD Sumut Dapil XII dipimpin H Ajie Karim diabadikan bersama Wabup Ondim dan jajaran pejabat Pemkab Langkat Tim Kunker DPRD Sumut Dapil XII dipimpin H Ajie Karim diabadikan bersama Wabup Ondim dan jajaran pejabat Pemkab Langkat

Stabat-andalas Wakil Bupati Langkat H Syah Affandin SH menilai, Tim Kunker XII DPRD Sumut Dapil Binjai-Langkat menjadi mitra positif yang bermanfaat untuk mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Langkat.

Hal itu disampaikan Wabup Syah Affandin alias Ondim saat menerima kedatangan rombongan Tim XII Kunker DPRD Sumut Binjai-Langkat dipimpin Ketuanya H Ajie Karim (Partai Gerindra) di Aula Kantor Bupati Langkat Jalan Teuku Amir Hamzah No 1 Stabat, Selasa 7 Juli 2020.

Turut hadir Sekretaris H Rizky Yunanda Sitepu (Partai Golkar), didampingi Hendro Susanto (PKS), Sugianto Makmur (PDIP), Putri Melani Daulay (Golkar), Rizky Antoni (Nasdem) dan dr Meriahta Sitepu (PDIP)."Ini (red-Kab Langkat) daerah terluas keempat di Indonesia dan masih banyak yang belum dimanfaatkan dan dikembangkan khususnya sektor pariwisata,"kata Ondim.

Khusus destinasi pariwisata Langkat, Wabup menginformasikan sangat potensial untuk dikembangkan lebih maju lagi di masa depan untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada belasan daerah unggulan tujuan wisata seperti Namu Sira-Sira, Air terjun Simolap, Air Terjun Siluman, The Yo's Hill, Pemandian Alami Pantai Florida, Sungai Landak Bahorok, Kolam Abadi, Tangkahan CRU, Air Terjun Pantai Salak, Air Terjun Saringgana, Bukit Lawang Ecotourism & Ecoproject. Termasuk sejumlah wisata instagramable seperti Rumah Pohon Habitat, One Heart Hill dan Taman Selfie.

Sedangkan Ketua Tim, H Ajie Karim mengatakan, Kunker Tim XII Dapil Binjai Langkat berkaitan dengan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019. Ajie mengimbau Pemkab Langkat segera mengusulkan kepada Pemprovsu untuk memasukkan program-program pembangunan Langkat, agar ditampung ke dalam APBD Provsu TA 2021. "Tim Dapil XII DPRD Sumut akan berupaya semaksimal mungkin mendorong Pemprovsu mengalokasikan bantuan keuangan provinsi,"katanya.

Dalam sesi diskusi dengan moderator Basrah Pardomuan (Sekretaris DPRD Langkat) juga hadir Kadis PU, Kadis Lingkungan Hidup dan Kadis Kominfo Langkat terungkap sejumlah pembangunan infrastruktur dan destinasi terhenti karena pandemi wabah covid-19. Seperti dikuatkan Kepala Bappeda Sujarno mengungkapkan perlunya bantuan Pemprovsu untuk memastikan sejumlah destinasi wisata yang berbenturan lahannya dengan tanah PTPN II dan Taman Nasional Gunung Leuser.

Pandemi covid-19 ini, kata Sujarno, menghentikan sejumlah pembangunan infrastruktur destinasi wisata. Misalnya, Jalan tembus Bukit Lawang menuju Tangkahan yang masih tersisa jalan lingkar belum siap 4 km. Pemkab Langkat, mengharapkan Pemprovsu merealisasikan pemugaran Taman Makam Pahlawan Amir Hamzah yang telah diserahkan ke provinsi dari Pemangku Adat.

Tim Kunker DPRD Sumut juga didampingi perwakilan Pemprovsu dengan koordinator Tim XII Kunker DPRD Sumut Dapil Binjai-Langkat dijabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut M Azhar Harahap didampingi Kadis Sosial H Rajali dan Kabid Pemberdayaan UKM Diskop dan UKM Sumut, M Alinafiah Nasution.

Azhar Harahap mengatakan pihaknya akan membantu Tim Kunker DPRD Sumut melihat realisasi proyek-proyek sejumlah OPD yang dilaksanakan di wilayah Kota Binjai. "Proyek-proyek OPD ini menggunakan anggaran dari APBD Provsu TA 2019,"kata Azhar.

Sementara Sugianto Makmur mengingatkan Pemkab Langkat membuat Perda tentang penyakit menular karena mematikan. Sumber penyakit menular berupa virus dari hewan, tanaman maupun manusia. Isi Perda bisa mengatur tentang pencegahan dan pengobatan termasuk isolasinya. Dia juga mengingatkan pentingnya menjaga adat melayu Langkat jangan sampai terkikis dan menghilang oleh modernisasi.

Sementara Hendro Susanto mengungkapkan Tim Kunker ada menerima 250 daftar isian masalah (DIM) untuk membangun daerah termasuk harmonisasi eksekutif dan legislatif. Hendro Susanto dari PKS mendorong Pemkab Langkat melalui Sekda agar membuat surat penolakan penghapusan dan penonaktifan penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan kepada Gubernur Sumatera Utara.

"Segera tolak pengurangan atau menonatifkan 13.788 PBI BPJS Kesehatan untuk Langkat, sudah kena covid-19 malah dibatalkan jaminan kesehatan yang artinya hilangnya jaminan kesehatan warga Langkat,"tegas Hendro.

Usai sesi tanya jawab, rombongan Tim XII Kunker DPRD Sumut Binjai-Langkat Langkat menyiapkan rencana mulai Rabu 8 Juli 2020 meninjau sejumlah proyek-proyek APBD 2019 yang dilaksanakansi wilayah Langkat.(UJ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C