Log in

GeMa CerMat, Sosialisasi Penggunaan Obat Secara Tepat dan Benar

Yessi Yulianti, narasumber pada kegiatan Edukasi dan Penyebarluasan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat). (andalas/hamdan rangkuti) Yessi Yulianti, narasumber pada kegiatan Edukasi dan Penyebarluasan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat). (andalas/hamdan rangkuti)

Kisaran-andalas Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan obat secara tepat dan benar sangat diperlukan. Pasalnya, obat yang sejatinya dapat menyembuhkan atau memulihkan tubuh yang terserang penyakit jika digunakan tidak sesuai dengan yang dianjurkan bisa menjadi racun pada tubuh.

Selain itu penggunaan antibiotik hanya digunakan untuk infeksi bakteri, tetapi jika menggunakan antibiotik tanpa indikasi dapat memicu resistensi bakteri (klinis) dan pemborosan ekonomis.

Demikian disampaikan Yessi Yulianti, narasumber pada kegiatan Edukasi dan Penyebarluasan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan di Aula Dinas setempat, Kamis (15/8).

“Cerdaslah dalam menggunakan obat, jika digunakan tidak sesuai aturan dapat menyebabkan masalah kesehatan baru. Misalnya, dosis berlebihan, durasi tidak tepat, kejadian efek samping, interaksi obat/ penyalahgunaan obat, dan lain-lain,”ujar Yessi yang juga sebagai Verifikator Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Asahan.

Hadir sebagai peserta sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat diantaranya, Karang Taruna Kab. Asahan, Pramuka, KONI Kab. Asahan, PWI kab. Asahan, serta sejumlah lembaga lainnya.

Selanjutnya Yessi kembali menegaskan terkait penggunaan antibiotik, jika penggunaan tanpa resep dokter atau apoteker apotik setempat dapat mengakibatkan resistensi terhadap antibiotic. Bakteri akan menjadi kebal terhadap antibiotic yang awalnya efektif untuk membunuh bakteri tersebut.

Pada kesempatan itu Yessi juga menjelaskan tentang beberapa cara penggolongan obat, penjelasan, terkait penggolongan obat berdasarkan nama, penggunaan, bentuk sediaan, dan penandaan pada kemasan obat. Selain penjelasan materi, acara tersebut dirangkai dengan diskusi, dan tes tentang pengetahuan obat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Asahan dr. Aris Yudhariansyah menerangkan, bahwa melalui kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta dalam penggunaan obat secara rasional dan bijak “pengetahuan yang diperoleh, harapan kita dapat disebarluaskan kepada teman, keluarga, kerabat dan lingkungan sekitar, pungkasnya. (FAS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px