Log in

Kabut Asap Selimuti Kota Tanjung Balai

Kabut asap tampak masih menyelimuti Kota Tanjung Balai. Kabut asap tampak masih menyelimuti Kota Tanjung Balai.

Tanjung Balai-andalas Kota Tanjung Balai mulai diselimuti kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Akibat kabut asap iru kualitas udara mulai buruk sehingga mengganggu masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjung Balai Burhanuddin Harahap melalui Sekretaris Tuah Manurung kepada andalas mengatakan, dua hari yang lalu pihaknya telah membagikan sebanyak 5.000 masker kepada masyarakat di Jalan Jenderal Sudirman guna mengantisipasi dampak kabut asap.

"Kami menghimbau masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah, jika terpaksa ke luar rumah, kita minta masyarakat memakai masker, banyak minum air putih untuk meningkatkan stamina, perbanyak makan buah-buahan, sayur dan konsumsi vitamin. Selain itu rumah harus tertutup rapat, jangan sampai udara (tidak sehat) dari luar masuk ke dalam rumah," kata Tuah didampingi Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Suwito.

Dikatakan Tuah Manurung, sampai saat ini belum ada ditemukan masyarakat Kota Tanjung Balai menderita infeksi saluran pernapasan akut ( ISPA) akibat kabut asap. "Segeralah berobat di Puskesmas terdekat bila mengalami keluhan mata merah, sesak napas, dan batuk akibat kabut asap," ujar Tuah Manurung.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjungbalai-Asahan Afrizal Tanjung mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh nakhoda agar berhati-hati saat di laut akibat dampak kabut asap yang terjadi.

"Jika jarak pandang hanya sampai 100 meter kami akan menunda keberangkatan kapal. Namun jika cuaca membaik surat izin berlayar akan tetap kami keluarkan," ucap Afrizal. (SB)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px