Log in

Perkerasan Jalan di Desa Sei Alim Hasak Diprotes Warga

Perkerasan Jalan Aren Dusun V Desa Sei Alim Hasak yang diprotes warga. (andalas/hamdan rangkuti) Perkerasan Jalan Aren Dusun V Desa Sei Alim Hasak yang diprotes warga. (andalas/hamdan rangkuti)

Asahan-andalas Perkerasan Jalan Aren Dusun V Desa Sei Alim Hasak, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan dengan volume lebar 3 meter dan panjang 415 meter, diprotes warga setempat. Selain dituding asal jadi, kegiatan yang bersumber dana dari Dana Desa tahun 2019 dikerjakan tidak sesuai bestek.

Informasi dihimpun andalas, Sabtu (20/7), kegiatan perkerasan berbiaya Rp185.575.000, sesuai tertera di papan informasi kegiatan sebelumnya tertera volume kegiatan sepanjang 425 meter dengan biaya Rp185.575.000.

Terjadi protes dari warga Dusun V, TPK kegiatan melakukan pengukuran ulang terhadap kegiatan itu yang hasilnya volume panjang perkerasan tersebut hanya 415 meter. Merasa tidak puas, warga Dusun V kembali melakukan pengukuran ulang yang hasilnya kegiatan perkerasan tersebut panjang 408 meter.

Anehnya menurut P Marbun, Daniel, Mangasi dan warga Dusun V lainnya sesuai di surat penyataan warga, plang kegiatan sebelum dirubah awalnya perkerasan tersebut dengan volume panjang 425 meter dengan dana Rp 185.575.000. Setelah terjadi protes oleh warga setempat dan dilakukan pengukuran kembali oleh TPK, plang kegiatan dirubah dengan volume panjang menjadi 415 meter, namun dana kegiatan tetap seperti awal tidak terjadi perubahan Rp 185.575.000.

Dari pantauan andalas, kondisi terkini perkerasan Jalan Aren Dusun V terlihat perkerasan tersebut diduga minim penggunaan storm wals sehingga kegiatan perkerasan dengan menggunakan material padas dan petron di badan jalan terlihat menonjol kepermukaan tidak rata. Penggunaan tanah putih atau lapisan akhir dari perkerasan tidak terlihat sehingga ada dugaan kegiatan tersebut dikerjakan asal jadi.

Menangapi hal itu Kepala Desa Sei Alim Hasak Muhammad Arifin ketika dikonfirmasi andalas mengatakan sedang melakukan upaya perbaikan seperti menimbun jalan yang tidak rata. Terkait dengan plang kegiatan, disebut terjadi kesalahan cetak dan sudah diperbaiki.

Volume jalan dibangun sesuai dengan bestek 415 x 3 meter, namun, karena jalan melewati perlintasan kereta api maka volumenya ditambahkan ke ujung jalan yang sama dengan lebar 6 meter sehingga tidak mengurangi volume kegiatan secara menyeluruh.

“Apa yang menjadi protes warga Dusun V terkait perkerasan di Jalan Aren secepatnya akan dilakukan perbaikan tanpa mengurangi volume kegiatan sesuai yang ada di bestek,” terang Arifin. (FAS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px