Log in

Bupati Agara Serahkan Bantuan Benih dan Pupuk kepada Poktan

Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim menyerahkan benih padi dan jagung serta pupuk NPK secara simbolis kepada Poktan di depan Kantor Dinas Pertanian Agara. Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim menyerahkan benih padi dan jagung serta pupuk NPK secara simbolis kepada Poktan di depan Kantor Dinas Pertanian Agara.

Kutacane-andalas Bupati Aceh Tenggara (Agara) Drs H Raidin Pinim MAP secara simbolis menyerahkan bantuan berupa benih jagung dan padi ditambah pupuk NPK kepada kelompok tani (Poktan), di Kantor Dinas Pertanian Aceh Tenggara, Senin (9/12).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Agara Bukhari, Anggota DPR RI  dari Partai Golkar HM Salim Fakhri SE MM, unsur Forkompimda, Sekda, Kepala SKPK, camat, penyuluh pertanian, Poktan, insan pers, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Raidin Pinim dalam sambutannya mengharapkan kepada kelompok tani yang menerima bantuan benih dan pupuk agar berupaya meningkatkan produksi padi dan jagungnya, tanaman pangan dan holtikultura lainnya, serta mengelola lebih optimal lahan yang ada.

"Kepada para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) juga diharapkan agar terus menerus meningkatkan pembinaan dan bimbingan kepada petani sehingga hasil yang didapat sesuai dengan harapan," ujar Bung Rai--sapaan akrab Raidin Pinim.

Anggota Komisi IV DPR RI M Salim Fakhri dalam arahannya mengatakan, setiap tahun sumber dana APBN sudah ada peningkatan khusus untuk  pertanian Kabupaten Agara. Karena ada putra Agara yang didudukkan di Komisi IV.

"Inilah tugas seorang putra Aceh Tenggara, yang selalu hadir di mana ada peluang, di mana ada kesempatan yang bisa untuk membangun masyarakat Aceh Tenggara. Kami selalu berkomunikasi dengan Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda, apa yang bisa kita bantu melalui sumber dana APBN khusus untuk petani Aceh Tenggara," ungkapnya.

"Kepada masyarakat Aceh Tenggara diharapkan supaya menyiapkan CP/CL dan konsultasi dengan penyuluh laporkan kepada Dinas Pertanian, apa yang bisa kita bantu dari pusat insya Allah akan kita bantu," sebut Salim Fakhri lagi.

Pada akhir Desember nanti, pihaknya juga akan membagikan Alsintan kepada petani. "Kalau bagus administrasinya untuk tahun 2020 akan kita lipatkan bantuan khususnya untuk Kabupaten Aceh Tenggara," tegasnya.

Sebelumnya, Kadis Pertanian Agara H Asbi SP dalam sambutannya melaporkan, bantuan benih padi sebanyak 100 ton bersumber dari dana APBA dan Doka 2019 dibagikan kepada 222 Poktan, jagung sebanyak 246,75 ton bersumber dari dana APBN 2019 diberikan kepada 570 poktan.

Sementara sebanyak 78,1 ton pupuk NPK yang juga bersumber dari dana APBN 2019 disalurkan kepada 47 poktan, urai Kadis Pertanian mengakhiri. (AM)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C