Log in

Dr Hj Bertha Nellya SIp MSi, Tak Pernah Lelah Berbagi Ilmu

Dr Hj Bertha Nellya SIp MSi Dr Hj Bertha Nellya SIp MSi

Medan-andalas Kiprah dan nama Dr Hj Bertha Nellya SIp MSi sebagai salah seorang dosen senior, sudah sangat familiar di tengah masyarakat Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya. Utamanya bagi kalangan mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi ternama di daerah ini.

Betapa tidak, ibu dua putri yang humble ini memang tak pernah lelah berbagi ilmu kepada siapa saja, khususnya kepada para mahasiswa S2 (Magister) di Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Dharma Agung (UDA), dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Profesi sebagai tenaga pengajar (dosen) sudah dilakoninya sejak lama, sehingga hari-harinya selalu dihabiskan dari kampus satu ke kampus yang lain. Begitupun, Bert (nama panggilan akrabnya), tidak pernah merasa lelah, serta tetap menjalani profesinya itu dengan tulus dan penuh semangat.

Tak heran, Bertha pun mengejawantah menjadi salah seorang dosen kesayangan para mahasiswa, khususnya mahasiswa Magister, yang berasal dari berbagai latar belakang profesi. Mahasiswa yang dihadapinya setiap hari ada yang berstatus sebagai pejabat pemerintah, anggota DPRD, pengusaha, politisi dan lainnya.

Merupakan sebuah hal yang wajar jika Bertha kemudian diidolakan para mahasiswanya. Sebab, selain piawai dalam melakukan transfer keilmuan (knowledge transfer) kepada peserta didiknya, wanita kelahiran kota mpek mpek Palembang ini juga selalu tampil modis, charming dan berkharisma saat berinteraksi dengan mahasiswanya (mengajar).

Beragam suka duka pun telah dirasakan Bertha Nellya dalam menjalani kewajibannya sebagai tenaga pengajar. Termasuk di dalamnya, harus meninggalkan dua putri tercintanya, yang saat ini tengah lucu-lucunya serta masih dalam masa pertumbuhan, yang sejatinya sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayangnya sebagai seorang ibu. 

Namun, bagi Bertha, hal itu dianggap sebagai sebuah challenge yang harus bisa dimenej dengan baik. "Hal itu merupakan sebuah konsekuensi saya sebagai seorang pengajar. Saya harus siap meninggalkan buah hati tercinta di rumah, demi memenuhi panggilan tugas dan kewajiban," ujar wanita, yang di rumah juga masih kerap disibukkan dengan angka-angka statistik dan sejumlah penelitian tersebut.

Dalam menjalani profesinya sebagai seorang dosen pasca sarjana dalam mata kuliah Ilmu Pemerintahan dan Komunikasi, Bertha Nellya membekali diri dengan latar belakang pendidikan yang sangat mumpuni dan kredibel alias bukan 'kaleng-kaleng'.

Karena itu, soulmate pakar Ekonomi Pembangunan Dr Maretta Ginting ini tak cuma aktif dalam mengajar, tetapi sering pula diminta tampil sebagai narasumber di berbagai seminar dan forum diskusi, serta menjadi salah satu dosen motivator bagi mahasiswa di Unpab Medan.

Ibunda Zaza dan Jihan ini menyelesaikan S3-nya dari Universitas Pendidikan Bandung (2013), Magister Administrasi Publik Universitas Sriwijaya Palembang (2005), S1 Ilmu Sosial Politik Universitas Sriwijaya Palembang (2003), SMU Negeri 6 Palembang, SMP Negeri 10 Palembang, dan SD Negeri 515 Palembang.

"Keberhasilan saya menyelesaikan studi hingga ke jenjang paling tinggi, adalah berkat doa dan dukungan keluarga, serta support dari teman-teman," kata Bertha Nellya seraya tersenyum manis, sarat makna.

Bukti bahwa dirinya tidak pernah mengenal kata lelah dalam menggali potensi diri, juga diperlihatkan wanita yang suka menyanyikan lagu-lagu mellow ini, dengan aktif berkiprah di wilayah politik di Partai Amanat Nasional, antara lain menjadi pengurus di DPW PAN Sumut. Kini, dia dipercaya sebagai Bendahara DPW Perempuan Amanat Nasional (PUAN) Sumut, berkolaborasi dengan Ketua Hj Zuraida Ghina SE dan Sekretaris Dini Hikmayani Nasution MSi.(UJ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C