Log in

Polsek Patumbak Ringkus Tersangka Penggelapan Betor

 Tersangka penggelapan betor diapit petugas Tersangka penggelapan betor diapit petugas

Medan-andalas Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus seorang tersangka penipuan dan penggelapan beca bermotor (Betor) pada Selasa, 20 Oktober 2020 sekira pukul 21.30 WIB.

Dia adalah Imanuel Pakto Lingga (21), warga Jalan Bajak V Kampung Coklat, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan.

"Tersangka diamankan atas laporan korban Romulus dengan nomor laporan LP/277/X/2020/Restabes Medan/Reskrim Patumbak, tanggal 20 Oktober 2020 kemarin," terang Kapolsek Patumbak Kompol Arfin Fahreza didampingi Kanit Reskrim Iptu Philip Antonio Purba MH, Selasa (27/10/2020).

Dijelaskannya, peristiwa penipuan dan penggelapan yang menimpa korban terjadi pada, Rabu 29 April 2020 sekira pukul 06.30 WIB di Jalan Bajak V Kampung Coklat, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas.

Tersangka berada di simpang tiga Jalan Menteng, Medan, sedangkan Marko Panjaitan melintas dengan menggunakan betor milik Romulus. "Kemudian, tersangka memanggil Marko dan menyuruhnya untuk mengantar ke rumahnya di Jalan Bajak V Kampung Coklat Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas," jelas Kompol Arfin.

Setelah itu, Marko pergi meninggalkan rumah tersangka, namun dukejar hingga ke simpang tiga. Tersangka kemudian menyuruh Marko berhenti di simpang itu dan memintanya menunggu.

Tapi, tersangka berbohong dan mengatakan, ibunya hendak ikut sehingga mereka menunggu sekitar 20 menit di simpang itu. Kemudian tersangka menyuruh Marko memanggil ibunya ke rumahnya. "Tiba-tiba pelaku langsung menghidupkan dan membawa lari betor tersebut," sebut Arfin.

Karena itu, Romulus membuat laporan pengaduan ke Polsek Patumbak. Berdasarkan pengakuan tersangka, betor tersebut dibawa ke Jalan Bromo Medan (Sukaramai) dan dijual seharga Rp 1 juta.

Tersangka dipersangkakan melanggar ketentuan pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 378 subsidair Pasal 372 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C