Log in

Wali Kota Binjai Hadiri Penyerahan 20 Ribu Sertifikat Tanah di Sumut

 Wali Kota Binjai HM Idaham diabadikan bersama penerima sertifikat tanah di Binjai usai penyerahan secara virtual Wali Kota Binjai HM Idaham diabadikan bersama penerima sertifikat tanah di Binjai usai penyerahan secara virtual

Binjai-andalas Wali Kota Binjai, HM Idaham SH MSi menghadiri acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat Oleh Presiden RI Joko Widodo secara langsung lewat virtual di Provinsi Sumatera Utara, bertempat di pendopo Umar Baki, Selasa (27/10/2020).

Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo menyerahkan 20.000 sertifikat tanah kepada warga di Sumatera Utara. Khusus di Kabupaten Humbang Hasundutan, Jokowi menyerahkan secara langsung 87 sertifikat tanah.

“Khusus untuk Kabupaten Humbang Hasundutan ada penyerahan sertifikat yang berada di Food Estate, lokasi Lumbung pangan, ada 87 sertifikat,” kata Presiden Jokowi.

Ditegaskan, dengan memiliki sertifikat tanah, maka hak hukum atas lahan atau tanah bagi pemilik tanah menjadi jelas. Sehingga, bila ada tetangga atau orang lain yang mengaku kepemilikan tanah tersebut, warga bisa menunjukkan sertifikat tanah tersebut untuk membuktikan sebagai pemilih tanah yang sah secara hukum.

“Yang paling penting apa gunanya sertifikat? Kalau kita sudah pegang ini, hak hukum kita atas lahan, tanah itu menjadi jelas. Nanti ada tetangga atau orang luar datang, ini tanah saya, bukan pak, ini tanah saya. Buktinya apa? Ini ada. Luasnya berapa? Ada di sini, nama pemegang hak ada di sini, alamatnya ada di sini, semuanya ada. Jadi jelas yang pegang ini secara hukum sudah beres,” terang Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta masyarakat menyimpan sertifikat tanah tersebut dengan baik. Bahkan ia meminta, masyarakat memotokopi terlebih dahulu sertifikat tanah, kemudian sertifikat tanah yang asli disimpan terpisah dengan fotokopi sertifikat.

“Jadi kalau hilang, urusnya mudah. Kalau asli hilang, dengan (sertifikat) fotokopi bisa mengurus ke kantor pertanahan,” ujar Jokowi. Selain bisa menjadi bukti kepemilikan tanah, Jokowi mengatakan sertifikat tanah bisa dijadikan akses ke perbankan.

Masyarakat bisa mendapatkan pinjaman bank dengan menjadikan sertifikat tanah sebagai jaminan untuk mendapatkan modal usaha. Bila lahannya sangat luas, bisa mendapatkan pinjaman hingga ratusan juta. Sedangkan bila lahannya kecil, bisa mendapatkan pinjaman bank puluhan juta.

Namun, kalau sudah mendapatkan modal dari bank, saya titip hati-hati, dihitung, digunakan yang baik. Jangan dipakai beli mobil, sepeda motor. Gunakan semuanya untuk modal usaha, investasi.

"Karena itu hati-hati. Untuk megang barang (sertifikat) ini tidak mudah, ini hak hukum atas tanah yang kita miliki. Simpan baik-baik, gunakan untuk keperluan-keperluan produktif,” imbau Jokowi.

Sementara itu, untuk Kota Binjai sendiri, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Binjai menyerahkan sebanyak 674 sertifikat tanah. (DED)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C